Lift di Pusat Pasar Tidak Berfungsi

Kamis, 10 September 2015 - 12:18 WIB
Lift di Pusat Pasar Tidak Berfungsi
Lift di Pusat Pasar Tidak Berfungsi
A A A
MEDAN - Satu dari dua lift di Pasar Pusat Pasar Medan belum bisa digunakan sebagai angkutan transportasi vertikal untuk mengangkut orang atau barang. Hal ini sengaja dilakukan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Pusat Pasar untuk menghemat daya listrik.

“Kondisi lift masih bagus, tapi sengaja tidak kami fungsikan karena daya listrik di pasar ini tidak sanggup. Kalau kami hidupkan, nanti aliran listrik akan padam,” kata Wakil PD Pasar Pusat Pasar Medan Bonar Pasaribu kepada KORAN SINDO MEDAN , Rabu (9/9).

Bonar mengatakan, sejak tahun lalu PD Pasar Pusat Pasar sudah mengusulkan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menambah daya listrik sebanyak 650 kilovolt ampere (KVA) karena selama ini daya yang tersedia sebanyak 800 KVA. Selain lift, PD Pasar Pusat Pasar Medan juga tidak memfungsikan 45 dari 70 penyejuk ruangan (air conditioner /AC) di lantai 3 dengan alasan yang sama.

Tidak heran kondisi udara di kawasan itu terasa pengap. “Kalau datang pejabat kunjungan, kami tunjukkan kalau lift di pasar ini hidup. Kendalanya hanya pada daya listrik. Makanya satu lift dan eskalator tetap dihidupkan untuk mempermudah pengunjung yang berbelanja,” tuturnya.

Sementara mengenai banyak kios di Pasar Pusat Pasar Medan yang belum digunakan untuk berjualan, Bonar mengatakan, pihaknya sudah memberikan fasilitas memadai. Masalahnya, banyak pemilik kios di lantai 3 menyewakan kiosnya. Meskipun sudah diimbau untuk membuka kios, masih banyak memilih belum berjualan.

“Dari 728 kios yang tersedia, hanya sekitar 30% yang buka. Kami sudah mengimbau, tapi belum direspons pedagang. Tidak menutup kemungkinan akan kami berikan surat peringatan kepada pemilik kios untuk membuka kiosnya berjualan,” katanya.

Salah satu pengunjung di Lantai 3 Pasar Pusat Pasar, Ikawati, 21, mengaku tidak tahu ada lift di pasar yang berfungsi. Dia menduga lift itu tidak bisa digunakan seperti halnya yang berada di sebelah kiri. Dia berharap manajemen PD Pasar Pusat Pasar memfungsikan lift itu agar masyarakat nyaman dan dimudahkan saat berbelanja.

“Kalau pengunjung merasa nyaman saat berbelanja, tentu kami akan datang lagi. Masa lift dibiarkan tidak berfungsi? Tapi kalau alasannya arus listrik tidak cukup, mau bagaimana lagi? Sumut memang lagi krisis listrik,” katanya.

Sementara itu, salah satu pedagang di Lantai 3 Pasar Pusat Pasar Medan yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, lift tersebut belum pernah difungsikan sejak dibangun. Sementara, lift yang posisinya dekat kawasan kioskios yang masih banyak ditutup justru sudah berfungsi. “Seharusnya lift ini saja yang difungsikan supaya dekat ke kioskios kami yang sudah mulai berjualan,” katanya.

Irwan siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5155 seconds (0.1#10.140)