Marinir Sebar Pasukan di Jatim

Rabu, 09 September 2015 - 10:08 WIB
Marinir Sebar Pasukan di Jatim
Marinir Sebar Pasukan di Jatim
A A A
SURABAYA - Korps Marinir menyebar personelnya di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur (Jatim). Terutama di kabupaten/ kota yang pada Desember tahun 2015 akan ada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Sebaran pasukan baret ungu ini ditegaskan Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman seusai menjadi inspektur upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Brigif-1 Marinir di Lapangan Apel Bhumi Marinir, Gedangan, Sidoarjo, kemarin. Sekadar diketahui, jabatan Komandan Brigif-1 Marinir diserahterimakan dari Kolonel Marinir Y Rudy Sulistyanto kepada Kolonel Marinir Sugianto.

Rudy Sulistyanto kemudian menempati jabatan sebagai Komandan Korps Siswa (Dankorsis) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal). Sementara Sugianto sebelumnya menempati posisi Asisten Operasi Komandan Pasmar-2. ”Yang kami siapkan untuk tahap awal satu, satuan setingkat kompi sekitar 300 orang. Karena sekarang personel juga siaga disiapkan untuk pemadaman kebakaran hutan di Kalimantan dan lainnya,” kata Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman.

Menurut dia, keberadaan personel Marinir yang siap on call itu kini berada di beberapa satuan di antaranya, satuan Karangpilang dan Tanjung Perak Surabaya serta Gedangan Sidoarjo. ”Untuk bantuan personel pengamanan, kami koordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda). Pada dasarnya (personel diterjunkan) sesuai permintaan dari pemda. Permintaan (ditujukan) pada pimpinan. Kami pelaksana saja,” kata perwira tinggi bintang satu ini.

Sementara Brigjen TNI (Mar) Lukman terkait sertijab menegaskan, pergantian jabatan pada hakikatnya merupakan satu mata rantai peremajaan organisasi. Tujuannya membuat responsif, antisipatif, dan adatif. ”Sehingga dari kegiatan ini dapat terwujud kesinambungan kepemimpinan. Kinerja menjadi lebih baik dan membanggakan. Brigif-1 Marinir mendukung tugas pokok Pasmar 1. Brigif-1 punya tugas pokok melaksanakan kegiatan operasional. Pendaratan pasukan amphibi, operasi militer perang, maupun perang,” katanya.

Sebelum sertijab, Rudy Sulistyanto sempat memberikan reward kepada prajurit yang berprestasi di Bumi Marinir Gedangan, Sidoarjo. Prajurit yang mendapatkan reward dari Komandan Brigif-1 Marinir, yaitu Sertu Mar Kuwadi, juara pertama Pemberitaan tingkat TNI AL tahun 2014; Praka Mar Edi Riyanto, satu-satunya prajurit Infanteri (non brevet) yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Pendakian Puncak Cartensz dan berhasil mencapai puncak Cartensz bersama tiga pendaki lainnya; Koptu Mar Wahyudi, juara pertama Tamtama Teladan Tingkat Korps Marinir tahun 2015; Kopda Mar Asri Wahyudi, juara kedua tamtama Teladan Tingkat Korps Marinir tahun 2015; dan Koptu Mar Adnan Juara kelima Tamtama Teladan tingkat Korps Marinir tahun 2015.

Dalam apel khusus tersebut juga dimanfaatkan oleh Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto untuk mohon diri karena sebentar lagi akan menyerahkan jabatan Komandan Brigif-1 Marinir kepada penggantinya, Kolonel Marinir Sugiyanto. Dalam arahannya, Y. Rudy Sulistyanto menyampaikan selama satu tahun lima bulan telah banyak hal dikerjakan prajurit Brigif-1 Marinir tanpa pernah absen.

Selain itu, selalu aktif dalam setiap kegiatan dengan membawa kontribusi positif sangat membanggakan bagi Korps Marinir, baik penugasan dalam negeri maupun luar negeri.

Soeprayitno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6261 seconds (0.1#10.140)