Pilkades Tercepat di Purwakarta Bisa Raih Rekor MURI

Rabu, 26 Agustus 2015 - 15:11 WIB
Pilkades Tercepat di Purwakarta Bisa Raih Rekor MURI
Pilkades Tercepat di Purwakarta Bisa Raih Rekor MURI
A A A
PURWAKARTA - Sebanyak 87 desa di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (26/8/2015) ini menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Pelaksanaan pilkades di salah satu kabupaten terkecil di Jawa Barat ini akan menjadi yang tercepat di Indonesia. Sebab, 87 kepala desa terpilih ditargetkan langsung dilantik pukul 20.00 nanti.

"Pelaksanan pilkades di 87 desa ini digelar pukul 07.00 WIB dan akan diumumkan sebelum pukul 18.00 WIB. Pilkades ini akan jadi yang tercepat. Begitu selesai pemilihan akan langsung dilantik, targetnya pelantikan pukul 20.00 WIB pada malam nanti," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Rabu (26/8/2015).

Sistem pelaksanaan pilkades cepat di Purwakarta ini sama dengan pesta demokrasi lainya, seperti pilkada dan pilpres, yakni menggunakan sistem tempat pemungutan suara (TPS).
Ada 167 TPS dengan jumlah pemilih 227.891 orang. Mereka akan memilih 302 calon kades untuk menempati 87 kursi. Untuk calon kades sendiri dibatasi maksimal lima orang calon di setiap desanya.

"Kepala desa terpilih sengaja langsung dilantik sebab untuk mengisi kekosongan kursi pemerintahan desa, selain itu untuk menghindari konflik. Jadi bagi yang tidak berkenan dengan hasil pemilihan, silakan untuk melayangkan gugatan," tutur dia.

Meski terjadi gugatan, pelantikan akan tetap dilakukan. Hal ini untuk menghindari kekosongan kursi pemerintahan. Jadi, selama gugatan berlangsung, pemerintahan di tingkat desa masih akan terus berjalan.

Jika gugatan dikabulkan, Pemkab Purwakarta akan melantik kades pemenang di pengadilan.

"Pilkades cepat ini bisa memperoleh rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) karena pertama di Indonesia. Begitu diumumkan calon kades terpilih langsung dilantik. Jadi tidak nunggu lama," pungkas dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7617 seconds (0.1#10.140)