Semangat Nasionalisme Kian Besar

Selasa, 18 Agustus 2015 - 09:15 WIB
Semangat Nasionalisme Kian Besar
Semangat Nasionalisme Kian Besar
A A A
SURABAYA - Kekhidmatan upacara peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI begitu terasa di Pasar Atom Mall. Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya mengadakan upacara bendera yang diperingati setiap 17 Agustus ini. Semangat dan keceriaan terlihat di wajah para peserta upacara meski cuaca sedikit panas.

Mereka tetap antusias mengikuti upacara bendera sampai selesai. Kegiatan yang rutin digelar ini sebagai simbol kecin-taan mereka terhadap bangsa dan negara. Total ada sekitar 3.500 peserta mengikuti upacara di halaman Pasar Atom Mall. Selain upacara, juga dimeriahkan hiburan berupa penampilan masyarakat Tionghoa lewat paduan suara dan tari-tarian. Mantan Menteri Polhumkam Tedjo Edhy Purdijatno menjadi tamu penting dalam upacara kemarin.

Meski acara harus diundur sedikit karena menunggu kehadiran purnawirawan TNI itu, tetapi masyarakat Tionghoa tetap bersemangat mengikuti jalannya upacara. ”Kegiatan upacara di Pasar Atom yang dihadiri anggota Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya sudah 15 tahun kami rayakan. Bahkan saat Pasar Atom masih belum sebesar ini,” kata Ketua Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya, Liem Ou Yuen, seusai upacara.

Dia menurutkan, tiap tahun masyarakat Tionghoa Surabaya yang jumlahnya sekitar 900.000 jiwa dan terbagi dalam 67 yayasan ini selalu merayakan Hari Kemerdekaan RI sebagai wujud nasionalisme terhadap Indonesia. Ia berharap agar ke depan keberagaman di negeri ini bisa makin bersinergi membangun Indonesia yang lebih baik.

Upacara peringatan 17 Agustus ini tidak hanya diisi penampilan masyarakat Tionghoa, tetapi juga penampilan drama kolosal dari Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut 2 Surabaya. Drama kolosal berjudul Perjuangan Rakyat Surabaya dan Angkatan Muda Tionghoa ini menceritakan perjuangan masyarakat tidak pandang dari suku manapun untuk berjuang bersama meraih kemerdekaan.

Sementara Perwakilan Manajemen Pasar Atom sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara, Halim A Hermanto mengatakan, setiap tahun menggelar upacara bersama dan tentu juga berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Penyerahan bingkisan kemerdekaan kemarin juga diberikan secara simbolis oleh Halim kepada 160 paguyuban becak Pasar Atom Mall dan 240 bingkisan untuk masyarakat kurang mampu.

MAMIK WIJAYANTI
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6507 seconds (0.1#10.140)