Sinabung Meraung Lagi, Malam Ini Luncurkan Awan Panas 3,5 Km

Rabu, 29 Juli 2015 - 23:08 WIB
Sinabung Meraung Lagi, Malam Ini Luncurkan Awan Panas 3,5 Km
Sinabung Meraung Lagi, Malam Ini Luncurkan Awan Panas 3,5 Km
A A A
KARO - Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (29/7/2015) sekitar pukul 20.30 WIB kembali meluncurkan awan panas sejauh 3,5 kilometer.

Luncuran awan panas yang mengarah ke timur- tenggara itu tercatat 2 kali kejadian, yakni pada pukul 20.37 WIB dan 21.03 WIB.

Sedangkan ketinggian kolom material debu mencapai 1, 5 kilometer saat ini dominan bergerak ke arah barat gunung dengan ketinggian 2.460 MDPLtersebut.

Akibatnya raungan Gunung Sinabung tersebut, sejumlah desa yang berada di sektor barat - barat daya (Kecamatan Tiganderket dan Payung) terus dihujani material debu vulkanik.

Ribuan hektar lahan pertanian juga terncam gagal panen, akibat dari gempuran debu, serta sejumlah daerah yang mengalami kelangkaan sumber air.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Armen Putra mengatakan, pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi rekomendasi yang telah dikeluarkan PVMBG.

Adapun rekomendasi tersebut yakni, tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer lingkar Sinabung, mengingat aktivitas vulkanologi gunung tersebut hingga saat masih tergolong tinggi.

Sementara untuk daerah yang terdampak paparan debu, agar menutup sumber air bersih, dan mengenakan masker bila hendak keluar rumah.

"Masyarakat diharapkan tetap tenang dan senantiasa mengikuti arahan dari pemerintah. PVMBG melalui pos pengamatan Gunung Sinabung selalu berkoordinasi untuk memberikan informasi tentang aktivitas Gunung Sinabung," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5961 seconds (0.1#10.140)