Diundur, Sejumlah Klub Menahan Diri

Selasa, 28 Juli 2015 - 10:07 WIB
Diundur, Sejumlah Klub...
Diundur, Sejumlah Klub Menahan Diri
A A A
MALANG - Kadung bersiap untuk ”bangun”, beberapa klub harus melanjutkan ”tidur” karena event kembali menjauh.

Piala Indonesia Satu yang sejatinya menjadi penyemangat klub dan diwacanakan pertengahan Agustus nanti diundur hingga akhir Agustus. Keputusan tersebut membuat klub yang sudah berniat memanggil pemainnya untuk sementara harus menahan diri lagi. Padahal, awal Agustus direncanakan sudah ada aktivitas latihan dengan asumsi persiapan untuk turnamen tersebut sekitar satu-dua pekan.

”Sementara tidak memanggil pemain dulu. Sebenarnya kami ingin awal Agustus sudah memanggil pemain untuk latihan, tapi ternyata eventditunda. Otomatis itu juga memengaruhi persiapan, mungkin baru dimulai pertengahan Agustus,” kata Didik Ludiyanto, Asisten Pelatih Persela Lamongan. Persela Lamongan sebelumnya memang tidak terburu-buru mengumpulkan elemen tim sebelum ada jadwal dan format Piala Indonesia Satu. Walau terus menjalin kontak dengan pemain, manajemen belum menginstruksikan pelatih untuk memulai latihan.

Sama halnya dengan Persegres Gresik United. Tim tetangga Persela tersebut sementara juga menahan diri dulu untuk tidak memulai sesi latihan. Dengan alasan efisiensi, pemain baru digembleng sepekan sebelum turnamen digelar atau kemungkinan pada pekan terakhir Agustus. ”Intinya Persegres siap kapan saja bertanding. Namun, tetap ada kalkulasi atau perhitungan kapan persiapan tim akan dimulai. Ditundanya Piala Indonesia Satu membuat kami juga harus menahan diri dulu dan tidak terburu-buru memulai aktivitas,” ujar Hendri Febri, Sekretaris Persegres.

Piala Indonesia Satu yang digagas Mahaka Sports semula direncanakan kick-off15 Agustus mendatang. Namun, panitia penyelenggara melakukan perubahan atau memundurkan kick-off turnamen tersebut menjadi 30 Agustus. Belum jelas apa alasan diundurnya jadwal tersebut. Baik Persela maupun Persegres tidak merencanakan pertandingan uji coba sebelum helatan turnamen yang diikuti klub-klub level ISL tersebut.

Staf pelatih kedua tim rencananya melakukan persiapan biasa melalui sesi latihan, yang nantinya lebih ditekankan pada pemulihan kondisi. Pelatih Persegres Liestiadi mengatakan secara garis besar tidak ada persiapan khusus yang dilakukan timnya. Dia beralasan pemain tinggal memulihkan kondisi fisiknya setelah lama tak bertanding. Soal teknik tim, baik organisasi maupun strategi, dia tak terlalu risau.

”Lama tak bermain pastinya akan berpengaruh besar pada semua aspek. Tapi paling utama adalah menyiapkan kondisi fisik. Kalau stamina pemain relatif stabil, aspek teknis tidak susah mengikuti. Saya kira tak perlu uji coba sebelum turnamen,” kata Liestiadi.

Kukuh setyawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0271 seconds (0.1#10.140)