Gaya New Wave 90

Rabu, 22 Juli 2015 - 10:20 WIB
Gaya New Wave 90
Gaya New Wave 90
A A A
SURABAYA - Tren busana terus bermunculan. Sejumlah desainer menampilkan sejumlah busana pada pertengahan tahun ini. Misalnya busana kreasi desainer Nana Gabella yang mengusung tema Elegan Cape.

Aneka cape didesain dengan potongan berbeda-beda dan semuanya menggunakan minimal patren yang lebih simpel, tetapi menarik saat dikenakan. Seperti cape yang dikenakan model Grace Tanojo dengan warna abu-abu. Cape satu ini terlihat unik karena potongannya jika dilepas mirip selendang dengan panjang sekitar 2 meter dan hanya diberi sedikit jahitan di bagian pundak sebagai penanda saat dikenakan.

Cara memakainya cukup disilangkan ke depan dengan cara dikaitkan pada kancing berbahan bulu. Sekilas cape satu ini seolah acakacakan, namun Nana sang desainer, menyebut sebagai pola minimal yang justru ingin ditegaskan lewat rancangannya tersebut. Cape satu ini menjuntai ke bawah hingga sebatas pinggan orang dewasa dan dikombinasikan dengan busana berupa celana panjang.

“Bajunya ini rata-rata two pieces , masing-masing ada cape yang berbeda dan perpaduan busana bagian dalamnya juga beda. Kalau cape yang seperti selendang ini dikombinasikan dengan celana panjang,” kata Nana. Dua jenis cape yang lain, yakni gaya melingkar menutupi pundak seperti cape warna hitam yang dikenakan Christine Wijaya dan cape warna abuabu dikenakan Asti Lukita.

Kedua cape ini terbuat dari bahan bulu-bulu hanya membedakan adalah warnanya dan kombinasi yang dikenakan. Untuk cape warna hitam sebenarnya bagian resleting ada di bagian belakang, sedangkan kancing besar di bagian depan hanya sebagai detail atau hiasan tambahan.

Bentuknya melingkar di pundak dengan panjang hanya sebatas lengan atas dan kombinasi untuk busana bagian dalam berupa short dress sebatas lutut yang berbentuk rok lurus. Berbeda dengan cape warna hitam yang full dengan bulu-bulu, maka untuk cape berwarna abu-abu sengaja dikombinasikan dengan bahan wool atau bahan sejenis untuk membuat jas.

Bagian bulu diletakkan pada area sekitar leher dan bahan wool dibiarkan menjuntai serta ditambah kancing variasi berukuran agak besar berwarna hitam di bagian lengan kiri. Ketiga busana ini terlihat elegan meski rata-rata menggunakan cape. Nana yang juga pemilik Alvera Fashion and Creativ di Jalan Sumatra 31E ini mengaku, terinspirasi membuat gaya new wave karena melihat tren busana di era 90-an.

Kemudian dia tuangkan ide tersebut menjadi sebuah new look busana baru yang modern, minimalis, dan dinamis. “Saya mendesain ketiga busana ini hanya tiga hari, maka memilih desain minimalis tetapi tetap elegan saat dikenakan. Akhirnya, saya pilih gaya new wave tersebut,” ujar perempuan kelahiran 19 Juli 1966 itu.

Mamik Wijayanti
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5703 seconds (0.1#10.140)