Bus Tabrak Truk dan Rumah

Selasa, 21 Juli 2015 - 08:37 WIB
Bus Tabrak Truk dan Rumah
Bus Tabrak Truk dan Rumah
A A A
RANTAUPRAPAT - Sebuah bus PMS bernomor polisi BK 7860 TK menabrak truk fuso 8154 BP di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kelurahan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Senin (20/7).

Saat berusaha mengelak dari tabrakan itu, bus kembali menabrak rumah warga dan tiang listrik. Akibat kecelakaan itu, sopir bus, B Simbolon, 40, dan empat penumpangnya mengalami luka, sementara kondisi truk yang ditabrak ringsek. Aliran listrik juga mati total di daerah itu dan rumah warga mengalami kerusakan.

Peristiwa itu berawal ketika bus PMS yang datang dari arah Rantauprapat menuju Medan melaju kencang di tikungan di lokasi kejadian. Tiba-tiba dari arah berlawanan, truk Fuso bermuatan beras yang dikemudikan Jeremia Simangunsong, 35, melaju kencang. Diduga karena mengantuk, sopir bus tak bisa mengendalikan kemudi hingga menabrak truk.

Rumah warga dan satu tiang listrik pun menjadi sasaran tabrakan karena sopir bus yang membawa 21 penumpang itu berusaha menghindari tabrakan. “Sopir bus PMS mengambil jalur terlalu kanan dan langsung menabrak truk fuso yang datang dari arah berlawanan, tepat di tikungan pangkal Jembatan Kelurahan Gunting Saga.

Saat itu juga sopir bus banting setir ke sebelah kiri sehingga menabrak rumah penduduk dan tiang listrik. Setelah itu, sopir bus langsung kabur,” kata warga, Berman Sitorus, 40. Berman mengatakan, akibat peristiwa itu, Jalinsum Kelurahan Gunting Saga macet total sepanjang 20 km.

Kemacetan ini juga diperparah oleh situasi arus balik di Jalinsum yang masih ramai dilintasi para pemudik. Sementara Kepala Unit Lalu Lintas (Kanit Lantas) Kepolisian Sektor (Polsek) Aekkanopan Ipda Sidik mengatakan, kecelakaan itu disebabkan kondisi sopir bus yang mengantuk. Sopir mengambil jalur terlalu ke kanan dan menabrak bagian depan truk fuso, kemudian membanting setir ke arah kiri dan menabrak sebuah rumah serta tiang listrik.

“Untuk penyelidikan, truk dan bus dievakuasi ke Pos Lantas Aek Kanopan. Seorang korban luka dibagian kepala masih dirawat di puskesmas terdekat, sedangkan sopir bus PMS yang kabur masih dalam pengejaran petugas. Tidak ada korban jiwa namun, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” katanya.

Sartananasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5791 seconds (0.1#10.140)