Rela Antre Empat Jam demi Uang Baru

Selasa, 07 Juli 2015 - 08:38 WIB
Rela Antre Empat Jam...
Rela Antre Empat Jam demi Uang Baru
A A A
MALANG - Ribuan warga menyerbuKantorPerwakilanBank Indonesia (BI) Malang. Mereka rela mengantre sejak subuh agar bisa menukarkan uang kertas baru untuk Lebaran.

Mereka rela berdiri di luar pagar Kantor BI guna menunggu giliran mendapatkan nomor antrean. Setelah menerima nomor antrean, warga duduk di bawah tenda yang disediakan di luar kantor sambil menunggu giliran menukarkan uang. Satu orang dibatasi hanya bisa menukarkan uang tunai maksimal Rp3,7 juta.

Proses penukaran uang tunai mendapatkan pengamanan ketat dari Satpam Kantor Perwakilan BI Malang dan anggota Brimorb Polda Jawa Timur. Humas Kantor Perwakilan BI Malang, Siti Senorita mengatakan, untuk memenuhi seluruh kebutuhan Lebaran masyarakat disediakan uang tunai sebesar Rp3,5 triliun. Uang itu untuk melayani kebutuhan masyarakat di wilayah Malang Raya, Pasuruan, dan Probolinggo.

Jumlah uang tunai yang disediakan guna memenuhi kebutuhan Lebaran, mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada Lebaran tahun 2013, uang tunai yang disediakan mencapai Rp1,7 triliun. Jumlah ini kembali meningkat pada 2014 menjadi Rp2,7 triliun. Penyediaan uang tunai, menurut Siti, bukan hanya melayani penukaran uang kertas baru, tetapi juga untuk perbankan dan ATM.

Penukaran uang kertas baru di Kantor Wilayah BI Malang dilaksanakan selama delapan hari kerja, yakni pada Senin-Kamis. Waktu penukaran juga dibatasi, yaitu pada pukul 08.00-11.00 WIB.

Viani, 33, warga Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mengaku rela mengantre sejak subuh karena ingin mendapatkan uang kertas baru. “Proses penukarannya tidak lama. Yang lama hanya antrenya,” kata dia.

Yuswantoro
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)