Terbangkan Layang-layang Nuzulul Quran

Senin, 06 Juli 2015 - 10:48 WIB
Terbangkan Layang-layang Nuzulul Quran
Terbangkan Layang-layang Nuzulul Quran
A A A
SURABAYA - Peringatan Nuzulul Quran dilakukan dengan cara menarik oleh pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 27.

Sekolah yang berlokasi di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya, ini mengajak anak sekitar sekolah mengikuti aneka perlombaan sekaligus ngabuburit . Lomba membuat, menghias, dan menerbangkan layang- layang, adalah salah satu lomba bertajuk Berkah Cinta Ramadan.

”Ada banyak jenis penilaian lomba layang-layang ini. Mulai dari menyerut bambu untuk kerangka layang-layang, merangkai kerangka, memasang kertas, menghias, dan menerbangkan, hingga mengadu,” kata Samsul Hadi, ketua seksi kegiatan Berkah Cinta Ramadan MI Muhammadiyah 27 Wonorejo di sela lomba. Menurut dia, hiasan dari kertas manila harus menggunakan huruf hijaiah, huruf Arab. Lomba layang-layang hias ini dikhususkan bagi murid kelas VI SD hingga IX SMP.

”Karena memperingati Nuzulul Quran maka hiasannya huruf Arab,” katanya. Perlombaan lain yang juga digelar kemarin ada gobak sodor dan bermain kelereng yang mulai tergeser oleh game online. ”Anak-anak peserta gobak sodor kami acak dari sisi usia supaya mereka bisa melatih kerja sama tim dan mengedepankan sportivitas,” katanya.

Lomba lainnya, Talaqi atau metode memperlancar bacaan Alquran dengan cara dibacakan dan diikuti. Metode ini yang diterapkan malaikat Jibril saat mengajarkan membaca pada Nabi Muhammad SAW. Hafalan ayat-ayat Alquran juga dilombakan. Banyak anak hafal meski bukan dari pesantren. MI Muhammadiyah 27 Wonorejo Surabaya baru tahun 2015 ini akan menerima murid.

Gedung sekolah memanfaatkan eks SD Aisyiyah yang tutup. Ini membuat MI Muhammadiyah 27 lebih cepat diterima masyarakat. ”Karena MI, maka ini di bawah Kementerian Agama (Kemenag), bukan Kementerian Pendidikan,” kata Ismul Muchlis, Kepala MI Muhammadiyah 27 Wonorejo.

Andi Dwi Febriyono, siswa SDN Wonorejo, salah seorang peserta lomba membuat layanglayang. ”Semoga dapat sepeda lipat,” katanya. Dengan telaten dia menghias layang-layang dan siap menerbangkan. Pengharapan untuk Ramadan tahun depan juga dia tuliskan pada layanglayang yang akan diterbangkan.

Soeprayitno
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8430 seconds (0.1#10.140)