Kartu Lebaran Mulai Ditinggalkan

Rabu, 01 Juli 2015 - 09:50 WIB
Kartu Lebaran Mulai Ditinggalkan
Kartu Lebaran Mulai Ditinggalkan
A A A
BOJONEGORO - Meski diyakini masih ada yang menggunakan kartu ucapan Lebaran sebagai sarana silaturahmi, dipastikan peminatnya mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Kartu ucapan Lebaran kini perannya telah banyak digantikan oleh pemakaian telepon seluler dan media sosial. Menurut Manajer Pemasaran Kantor Pos Cabang Bojonegoro Mohammad Engkon Zarkani, sejak adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terutama pemakaian ponsel pintardan internet, pengiriman kartu ucapan Lebaran mulai menurun signifikan. “Kalau secara umum masih diminati. Tapi untuk instansi perkantoran, kalau perseorangan jarang,” ujarnya.

Saat ini kartu Lebaran masih banyak digunakan instansi dan perkantoran. Hal itu dinilai lebih sopan dibandingkan hanya lewat pesan singkat maupun media komunikasi lain. Khususnya kepada orang yang lebih tua atau dihormati. “Biasanya yang sekarang masih menggunakan kartu ucapan itu dari kantor-kantor ditujukan kepada misalnya bupati atau kapolres,” ungkapnya.

Dia bercerita, sebelumnya kartu ucapan Lebaran sangat banyak digunakan untuk sarana silaturahmi dengan kerabat, teman, maupun relasi sampai-sampai gelombang kartu Lebaran tidak habis dan banyak sekali. Mulai berkurangnya pemakai kartu lebaran itu terjadi sekitar 1990-an. Karena minimnya peminat, kata dia, saat ini kantor pos tidak menyediakan kartu Lebaran.

“Di toko pun sekarang mungkin juga sulit didapatkan,” ungkapnya. Meskipun kartu Lebaran setiap tahun berubah, hal itu tidak memengaruhi jumlah peminat kartu Lebaran sebagai sarana bermaaf-maafan bagi kolega yang bertempat tinggal jauh. “Setiap tahun tema kartu Lebaran pasti berubah untuk menarik minat masyarakat,” pungkasnya.

Muhammad roqib
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3493 seconds (0.1#10.140)