Pemerintah Kucurkan Rp6 Miliar untuk Pengungsi Sinabung

Rabu, 24 Juni 2015 - 02:02 WIB
Pemerintah Kucurkan...
Pemerintah Kucurkan Rp6 Miliar untuk Pengungsi Sinabung
A A A
KABANJAHE - Pemerintah pusat menyerahkan bantuan kemanusiaan senilai Rp6 miliar bagi korban erupsi Sinabung. Bantuan itu untuk memenuhi kebutuhan dasar pengungsi.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Kepala BNPB Syamsul Maarif kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Kabanjahe, Selasa (23/6/2015), untuk selanjutnya digunakan memenuhi kebutuhan seluruh pengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran persnya menyatakan, hingga saat ini aktivitas erupsi dan awan panas Gunung Sinabung masih tinggi.

"Hampir sepanjang hari ini hujan abu tipis mengguyur sisi selatan-tenggara dari puncak Sinabung. Sementara jumlah pengungsi 10.184 jiwa (3.030 KK) tersebar di 10 titik pos pengungsian," ujarnya, Selasa (23/6/2015).

Dia mengatakan, jumlah pengungsi dinamis, karena sebagian pengungsi khususnya laki-laki dewasa, sering kembali ke kampung halaman untuk memelihara kebun atau tanaman pertanian.

Sebagian juga menginap di sanak saudara atau warga yang berada di dekat pos pengungsian. Rasa gotong royong dan solidaritas masyarakat Karo terlihat cukup tinggi membantu para saudara sesama pengungsi.

Kepala BNPB Syamsul Maarif menyatakan, pemerintah tidak tinggal diam dengan kondisi masyarakat di sekitar Sinabung.

Dia mengatakan, kita tidak tahu sampai kapan erupsi Gunung Sinabung berakhir. Namun, pemerintah akan terus membantu. Sejak erupsi September 2013 hingga sekarang, BNPB telah memberikan bantuan Rp141,2 miliar kepada Pemda Karo dan masyarakat Sinabung.

Menurutnya, erupsi Gunung Sinabung tidak perlu dijadikan bencana nasional sebab Pemda Karo dan Pemda Provinsi Sumut masih beraktivitas normal.

Kecuali, jika seperti tsunami Aceh 2004 yang kondisi pemda dan masyarakat sudah lumpuh total. Jika pemda terbatas APBD-nya untuk Sinabung, tidak masalah, pemerintah pusat akan tetap membantu.

"Tapi tunjukkan kepemimpinan Bupati maupun Gubernur dan seluruh perangkatnya untuk menangani masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung."

Sedangkan untuk relokasi bagi korban erupsi Gunung Sinabung akan dipercepat. Dia mengatakan, saat ini sudah terbangun 112 unit rumah dan pada akhir Agustus 2015 akan diselesaikan 370 unit rumah di Desa Relokasi Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)