Melongok Dapur Satwa TSI II Prigen

Minggu, 21 Juni 2015 - 08:55 WIB
Melongok Dapur Satwa TSI II Prigen
Melongok Dapur Satwa TSI II Prigen
A A A
Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Berbagai koleksi hewan langka dan kesejukan lokasi konservasi menjadi daya tarik pengunjung.

Dengan luas total sekitar 350 hektare, pengunjung bisa melihat keliaran hewan-hewan langka layaknya di habitat asli mereka. Tentu bukan perkara mudah merawat sekitar 2.500 koleksi hewan langka milik TSI II Prigen. Dibutuhkan kesabaran, keuletan, dan pemahaman, dalam merawat hewan-hewan itu. Selain itu, juga diperlukan sarana dan prasarana agar kondisi hewan tetap sehat, seperti dapur hewan yang sehat.

Di TSI II Prigen, pengelola menyediakan dapur luas sebagai tempat meracik makanan bagi satwa. Di sini ditulis secara detail berat dan jenis makanan yang harus diberikan kepada seekor hewan. Misalnya untuk gajah harus makan seperempat rumput dari berat tubuhnya. Berbagai jenis sayuran dan buah segar ada di dapur ini. Selain itu tersedia ruangan pendingin uang khusus untuk membuat daging yang biasa diberikan pada hewan karnivora.

Selain dapur pengelola, TSI II Prigen juga menyediakan rumah sakit khusus hewan. Hewan yang mengalami gejala sakit akan langsung dibawa ke tempat ini. TSI tidak hanya menyajikan keindahan hewan yang dibiarkan bebas, tetapi juga mempunyai berbagai wahana menarik berkaitan dengan hewan. Misal swimming with dolphin , pertunjukan dari para gajah dan masih banyak lagi. Bagi pengunjung ingin menikmati perjalanan dengan tambahan edukasi, juga bisa mengikuti program khusus.

Karena mereka akan diajak berkeliling ke beberapa lokasi untuk melihat sendiri proses pemberian makan hingga perawatan hewan yang lainnya.

Naskah : Koran Sindo Jatim/ Mamik Wijayanti
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0425 seconds (0.1#10.140)