Lintasan KA di Wilayah Daop 4 Siap Dilalui Mudik Lebaran

Senin, 15 Juni 2015 - 09:16 WIB
Lintasan KA di Wilayah Daop 4 Siap Dilalui Mudik Lebaran
Lintasan KA di Wilayah Daop 4 Siap Dilalui Mudik Lebaran
A A A
SEMARANG - PT KAI Daop 6 Semarang memastikan kondisi lintasan kereta api di wilayahnya saat inikondisinya siapdilaluipe mudik pada arus mudik Lebaran 2015.

Kepala DAOP 4 Semarang Sucipto Susilohadi mengatakan, dalam pemeriksaan kondisi lintas an jalur rel, terutama dalam hal pengamanan operasional per jalanan kereta api, pihaknya sudah melakukan inspeksi lintas de ngan menggunakan lori (kenda ra an khusus inspeksi dengan roda). Dijelaskannya, pemeriksaan lintasan rel dimulai dari Stasiun Semarang Tawang sampai Stasiun Ngrombo (Purwodadi) sepanjang 58,6 km.

Dengan jumlah stasiun yang dilintasi delapan stasiun, yakni Semarang Tawang, Alas tua, Brumbung, Tegowanu, Gubug, Karangjati, Sedadi, dan Ngrombo. “Dari hasil pemeriksaan, secara umum kondisi lintasan Semarang Tawang-Ngorombo Purwodadi dinyatakan layak dan siap dalam menyukseskan angkutan Lebaran 2015 yang tinggal beberapa pekan lagi akan tiba,” katanya, kemarin.

Objek pemeriksaan dari tim inspeksi adalah memeriksa kondisi jalan rel, terutama di daerah sambungan, bagian rel untuk perpindahan jalur (wesel), kon disi peralatan persinyalan, palang pintu perlintasan, kondisi jembatan, kondisi bangunan stasiun, dan membina para personel di lapangan.

Direksi Keamanan PT KAI, Chandra Purnama me nambahkan, meskipun keseluruhan kondisi perlintasan dalam kondisi baik dan siap dilalui kereta api saat mudik Lebaran, namun lintasan harus tetap mendapatkan perawatan berkala. Oleh karena itu, PT KAI meng - inga tkan kepada para personel operasional agar selalu merawat dan mengoperasionalkan per alat an persinyalan sesuai dengan SOP dalam peraturan dinas di PT KAI.

“Kami harus bekerja sesuai dengan SOP yang ada, karena hal ter sebut sudah menjadi sesuatu yang wajib dilaksanakan oleh para personel di lapangan agar keselamatan dan keamanan per alanan kereta api bisa terjamin,” ujarnya.

Andik sismanto
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7638 seconds (0.1#10.140)