Aktivitas Kegempaan Gunung Sinabung Masih Tinggi

Minggu, 14 Juni 2015 - 22:23 WIB
Aktivitas Kegempaan Gunung Sinabung Masih Tinggi
Aktivitas Kegempaan Gunung Sinabung Masih Tinggi
A A A
KABANJAHE - Hingga Minggu (14/6/2015) sore, aktivitas kegempaan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih tinggi.

Berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung, hingga Minggu pukul 15.00 WIB, terekam 11 kali kejadian awan panas guguran dengan jarak luncur 1,5-2,5 kilometer (km) ke tenggara dan ke arah selatan sejauh 3,5 kilometer. Arah angin bergerak ke timur gunung.

"Aktivitas kegempaan masih cukup tinggi, seperti gempa hybrid, low frequency, dan gempa vulkanik. Namun yang paling dominan ialah gempa guguran yang menjadi pemicu terjadinya awan panas guguran," ujar Petugas PPGA Windy Cahya, Minggu (14/6/2015).

Untuk itu, pihaknya tak bosan terus mengimbau masyarakat agar mematuhi rekomendasi yang telah dikeluarkan, yakni mejauhi radius 7 kilometer jalur sektoral awan panas selatan-tenggara gunung Sinabung.

"Untuk daerah yang terimbas material debu vulkanik agar selalu mengenakan masker, menutup sumber air bersih, dan kalau bisa keluar rumah seperlunya saja. Hal tersebut untuk menghindari efek penyakit yang dapat ditimbulkan oleh debu vulkanik yang bercampur zat besi dan belerang," pungkasnya.

Data yang diperoleh dari Media Center Penanganan Bencana Erupsi Sinabung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, pengungsi korban erupsi Sinabung berjumlah 3.056 jiwa (925 KK) yang ditempatkan di empat titik penampungan pengungsi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6395 seconds (0.1#10.140)