Dibuka Gubernur, MTQ Jatim Diikuti 1.671 Qori-Qoriah

Senin, 25 Mei 2015 - 10:47 WIB
Dibuka Gubernur, MTQ Jatim Diikuti 1.671 Qori-Qoriah
Dibuka Gubernur, MTQ Jatim Diikuti 1.671 Qori-Qoriah
A A A
BANYUWANGI - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Jawa Timur Ke-26 yang dipusatkan di Banyuwangi resmi dibuka Gubernur Jatim Soekarwo di Taman Blambangan, Sabtu (23/5) malam.

Pembukaan diisi ceramah dari KH Muzakki Syah, pengasuh Pondok Pesantren Al- Qodiri, Jember, dan dihibur penyanyi religi Opick. Sejumlah bupati dan wali kota di Jatim hadir dalam acara pembukaan ini. Untuk tahun sekarang kegiatan dua tahunan yang diselenggarakan Pemprov Jatim ini diikuti 1.671 peserta dan sekitar 400 pendamping dari seluruh daerah di Jatim, berlangsung hingga 30 Mei 2015.

Dalam sambutan Soekarwo mengatakan, MTQ merupakan sarana syiar Islam untuk mengajak pada kebaikan dan kedamaian. MTQ juga menjadi perekat harmoni dalam mewujudkan kesejahteraan. Dia berharap MTQ tidak hanya sebatas kegiatan rutin, melainkan sarana menjadi pribadi yang lebih baik. ”Dengan akhlak yang terjaga, kesejahteraan bisa semakin dekat,” ujar Soekarwo.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Jawa Timur yang telah memberikan kepercayaan kepada Banyuwangi untuk menjadi tuan rumah MTQ tahun ini. Dia berharap, penyelenggaraan MTQ di Banyuwangi juga bisa mendorong pergerakan ekonomi masyarakat Bumi Blambangan.

”Terima kasih kepada Pakde Karwo atas kepercayaannya. Semoga kegiatan ini juga bisa ikut mendorong gerak perekonomian masyarakat kami dengan kehadiran lebih dari 2.000 orang ke Banyuwangi,” kata Anas. Ada 22 hotel di Banyuwangi yang disewa oleh para peserta/ pendamping dari seluruh Jatim. ”Ini tentu menggerakkan perekonomian warga. Sekali lagi kami berterima kasih kepada Gubernur Jatim Pakde Karwo yang telah memberi kepercayaan kepada Banyuwangi,” kata Anas.

MTQ tahun ini melombakan 12 cabang. Antara lain lomba baca Quran golongan remaja dan tuna netra, lomba karya tulis ilmiah Alquran, tafsir dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta kaligrafi. Selama sepekan berlangsungnya MTQ juga digelar pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari seluruh Jatim. Total ada 76 stan UMKM dari 38 kabupaten/kota.

Selain itu, masih ada 70 stan khusus UMKM lokal Banyuwangi. Sebelum pembukaan resmi, MTQ juga diramaikan oleh pawai tataaruf yang diikuti 38 delegasi dari seluruh kabupaten/ kota se-Jatim. Pawai tataaruf merupakan kesempatan mengenalkan budaya seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur, terutama budaya dalam konteks perkembangan Islam di daerahnya.

P juliatmoko
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7523 seconds (0.1#10.140)