OJK: Laku Pandai Turunkan Beban Bank

Sabtu, 23 Mei 2015 - 13:29 WIB
OJK: Laku Pandai Turunkan Beban Bank
OJK: Laku Pandai Turunkan Beban Bank
A A A
MALANG - Layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) mampu menurunkan beban operasional bank. Sebab, bank tidak perlu lagi banyak membangun infrastruktur untuk melayani masyarakat.

Kepala Bagian Informasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) IwanNickyMoses mengatakan, Laku Pandai akan mampu menurunkan beban operasional bank karena tidak perlu banyak infrastruktur. “Laku Pandai ini diharapkan mampu meningkatkan penetrasi perbankan masyarakat, sehingga segmentasi dan sasarannya adalah masyarakat menengah ke bawah,” kata dia di sela-sela acara Diskusi Laku Pandai di Malang kemarin.

Berdasarkan Survei Global Financial Inclusion Index tahun 2014, hanya 36% orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening bank. Karena itu, Laku Pandai diharapkan bisa meningkatkan penetrasi perbankan ke masyarakat. Laku Pandai juga bisa menjangkau daerah yang aksesnya susah. Nanti ada agenagen yang dapat rekomendasi OJK untuk menjalankan sektor bisnis.

Perluasan akses keuangan melalui Laku Pandai ditangkap oleh Bank BTPN. Melalui produk terbarunya bertajuk BTPN Wow!, BTPN siap memperluas jaringan layanan keuangan tanpa kantor. Saat ini layanan perbankan yang sebelumnya terkenal ribet sudah bisa dikendalikan. Bahkan, melalui ponsel kuno pun bisa diakses melalui agen. BTPN mengaku terjun ke dunia bisnis ini untuk mempermudah masyarakat kelas bawah agar bisa bergerak dalam dunia perbankan.

“BTPN Wow! lahir dari proses panjang, di mana program Laku Pandai merupakan konevolusioner yang bisa mengubah peta perilaku masyarakat,” kata Product and Customer Experience Head BTPN Wow! Achmad Nusjirwan Sugondo. Masyarakat yang tertarik dengan konsep ini bisa menjadi agen BTPN Wow! dengan persyaratan tertentu, seperti berpengalaman dalam dunia usaha.

“Masyarakat bisa menjadi agen dan mendaftarkan diri,” ujarnya. Laku Pandai adalah terobosan terbaru dunia perbankan. Masyarakat yang berada di lokasi terpencil pun tidak perlu jauh-jauh ke kantor cabang bank tertentu untuk membuka rekening. Mereka yang ingin menjadi nasabah hanya perlu datang ke agen yang sudah ada, baik dalam perorangan maupun di toko untuk mendaftarkan diri.

Selain itu, masyarakat tidak dibebani dengan minimal saldo menabung di bank layaknya warga yang menyimpan uang di bank konvensional. “Prosesnya sangat cepat karena agen kami sudah dibekali kemampuan seperti itu,” ucapnya. Fokus BTPN dalam produk barunya ini menyasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM.

“Kami yakin BTPN Wow! Akan menjadi produk unggulan yang mampu meraih hati masyarakat,” ucapnya. Beberapa produk Laku Pandai yakni tabungan basic saving account (BSA), asuransi mikro, serta produk keuangan lainnya.

Yosef naiobe/ant
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9710 seconds (0.1#10.140)