Padukan Kain Nusantara dan Santung

Jum'at, 22 Mei 2015 - 09:51 WIB
Padukan Kain Nusantara dan Santung
Padukan Kain Nusantara dan Santung
A A A
SURABAYA - Kain Nusantara memang memikat sebagian besar desainer. Tren men a mbahkan atau memodifikasi kain khas Nusantara terus mengalami peningkatan, seperti yang dilakukan Paul Pieter.

Desainer asal Surabaya ini sengaja memadukan kain nusantara dengan bahan santung agar tampak elegan. Selain itu, dia memang menyukai kain khas Nusantara karena motifnya yang indah. Lima busana bertema pesona kain Nusantara kemarin diperagakan lima model. ”Sebenarnya masih ada beberapa desain lain, tetapi untuk acara ini saya hanya membawa lima busana,” kata Paul saat dijumpai dalam kegiatan pameran di Grandcity kemarin. Busana yang ditampilkan Paul terdiri dari tiga busana malam untuk perempuan dan dua busana pria.

Keunikan dari desain Paul terletak dari potongannya yang menggunakan gaya mermaid seperti yang tampak pada busana merah. Secara keseluruhan Paul menggunakan potongan tube, yakni busana tanpa lengan berupa long dress, ditambah semacam blazer atau jaket sebagai tambahannya. Alhasil, busana merah ini bisa dikombinasi dengan atasan lainnya.

”Busana warna merah ini menggunakan batik Bali merah dan saya menggunakan potongan tube supaya tampak glamor,” ujarnya. Jika busana berwarna merah menggunakan kain batik Bali, lain lagi dengan busana berwarna kuning yang memiliki potongan miring pada bagian dada sehingga pundaknya terlihat sebelah. Batik kuning yang digunakan Paul berasal dari Makassar yang dia kombinasikan dengan kain santung berwarna senada.

Potongan busana ini lebih chic dan simpel, bawahannya berupa rok pendek yang melebar dan atasannya pres bodi. Untuk atasan diberi aksen detail dari payet-payet yang dibentuk menyerupai bunga yang sedang mekar. Busana malam satu ini menjadi terlihat lebih elegan, apalagi ditambah keindahan motif yang dimunculkan pada kain Makassar itu sendiri.

Busana perempuan terakhir yang didesain Paul yakni bergaya coats menggunakan batik asal Tulungagung. Coat sendiri merupakan potongan atasan yang terpisah dengan long dress . Coats yang dimaksud adalah tambahan atasan berwarna cokelat yang mirip jaket. Hanya, coat memiliki cutting yang pendek di bagian bawah namun lengannya bisa panjang atau pendek.

Busana ini tidak kalah anggun ketika dikenakan, apalagi Paul menambahkan belahan di bagian samping sehingga memunculkan sisi elegan tersendiri. Busana ini makin terlihat keren karena jenis kain batik yang digunakan juga memiliki motif unik sehingga akan menambah rasa percaya diri saat mengenakannya.

Mamik wijayanti
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7404 seconds (0.1#10.140)
pixels