Gunung Lokon Berpotensi Meletus Lagi, Warga Dilarang Mendaki

Kamis, 21 Mei 2015 - 17:15 WIB
Gunung Lokon Berpotensi Meletus Lagi, Warga Dilarang Mendaki
Gunung Lokon Berpotensi Meletus Lagi, Warga Dilarang Mendaki
A A A
TOMOHON - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon Robby Kalangi kembali mengingatkan warga untuk tidak melakukan pendakian di Gunung Lokon. Menurutnya, sampai saat ini masih banyak warga yang mengabaikan larangan yang disampaikan pemerintah.

"Kami tidak henti memberikan imbauan agar jangan melakukan pendakian di Gunung Lokon. Dalam kondisi ini gunung api ini bisa sewaktu-waktu meletus dan bisa membahayakan nyawa pendaki," ujarnya, Kamis (21/5/2015).

Kalangi mengatakan, pihaknya kewalahan memantau dan menertibkan warga yang melakukan pendakian. Jalur masuk menuju Gunung Lokon sangat banyak sehingga tidak mungkin menjaga semua akses tersebut dengan jumlah personel yang terbatas.

Menurut Kalangi, pihaknya hanya bisa menempatkan petugas di pos jalan masuk utama menuju Gunung Lokon dan memasang spanduk larangan pendakian pada beberapa titik.

Sementara, petugas di Pos Pemantau Gunung Lokon Ferry Rusmawan mengatakan, status Gunung Lokon masih tetap Siaga dan tidak diperkenankan ada aktivitas manusia dalam radius 2,5 kilometer dari kawah gunung.

Baca juga
: Gunung Lokon Masih Berpotensi Meletus.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6352 seconds (0.1#10.140)