Basarnas Fokus Pantau Jalur Darat dan Obyek Wisata Saat Arus Mudik

Kamis, 30 Mei 2019 - 13:21 WIB
Basarnas Fokus Pantau Jalur Darat dan Obyek Wisata Saat Arus Mudik
Basarnas siaga dengan alut yang disiapkan sebanyak 68 kapal besar dan 114 sea raider, serta 7 helikopter SAR. Ilustrasi/dok
A A A
LAMPUNG SELATAN - Kepala Badan SAR Nasional atau Kabasarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, kunjungi posko SAR di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Kabasarnas pastikan kesiapan anggota dan alat utama untuk melakukan operasi saat arus mudik lebaran 2019. Dalam operasinya, Basarnas pada arus mudik lebaran ini fokus pada jalur darat dan obyek-obyek wisata.

Saat tiba di posko Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Bagus Puruhito langsung mengecek alat yang digunakan untuk melakukan operasi pencarian, baik alat pencarian di darat maupun di perairan.
Dirinya ingin memastikan saat musim arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2019, Basarnas siap siaga memberikan layanan apabila dibutuhkan.

Pada Operasi SAR Lebaran Idul Fitri 2019, Basarnas menyiapkan sebanyak 3.500 personil dengan 354 pos siaga lebaran di seluruh Indonesia.

Sementara untuk alut yang disiapkan sebanyak 68 kapal besar dan 114 sea raider, serta 7 helikopter SAR. Basarnas juga memfokuskan operasinya pada jalur darat baik di jalan tol, jalan arteri maupun penyeberangan serta objek-objek wisata. Bagus Puruhito menuturkan, untuk waktu respon waktu laporan Basarnas siaga selama 22 menit.

“Diharapkan dengan kesiap-siagaan yang cukup dari Basarnas, dapat segera melakukan upaya pencarian dan pertolongan jika ada kejadian kecelakaan laut maupun darat saat arus mudik tahun ini,” tutur Bagus Puruhito.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.1274 seconds (0.1#10.140)