Sejarah Kerajaan Pajang: Asal-usul, Masa Kejayaan, Keruntuhan dan Daftar Raja

Selasa, 30 April 2024 - 08:33 WIB
loading...
Sejarah Kerajaan Pajang: Asal-usul, Masa Kejayaan, Keruntuhan dan Daftar Raja
Sejarah Kerajaan Pajang di Pulau Jawa menjadi ulasan menarik untuk disimak. Kerajaan bercorak Islam ini didirikan sekitar 1568 oleh Jaka Tingkir di Kartasura. Foto/Ilustrasi/Dok.Okezone
A A A
Sejarah Kerajaan Pajang di Pulau Jawa menjadi ulasan menarik untuk disimak. Kerajaan bercorak Islam ini didirikan sekitar 1568 oleh Jaka Tingkir di kawasan Kartasura.

Jika membandingkannya dengan nama-nama kerajaan Islam lain seperti Samudera Pasai atau Demak, maka lebih sedikit yang membahas mengenai Kerajaan Pajang.



Meski demikian, kerajaan ini tetap menjadi bagian dari sejarah Indonesia.

Lantas, bagaimana sejarah Kerajaan Pajang ini? Simak ulasannya berikut ini sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber,Selasa (30/4/2024).

Sejarah Kerajaan Pajang


Kerajaan Pajang merupakan sebuah kerajaan bercorak Islam yang pernah eksis di Pulau Jawa. Letaknya sendiri dulu diperkirakan berada di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Pada riwayatnya, Kerajaan Pajang berdiri sekitar 1568. Adapun sosok pendirinya adalah Sultan Hadiwijaya atau biasa dikenal sebagai Jaka Tingkir.



Dulunya, Jaka Tingkir pernah mengabdi pada Kesultanan Demak. Pada satu momen , ia diutus untuk menghadapi ancaman dari Arya Penangsang.

Jaka Tingkir yang menghadapinya pun berhasil membunuh Arya Penangsang yang dikenal sakti mandraguna. Setelahnya, ia menjadi pewaris takhta Kesultanan Demak dan memindahkan ibu kotanya ke Pajang.

Masa Kejayaan Kerajaan Pajang


Sultan Hadiwijaya alias Jaka Tingkir tak hanya menjadi pendiri dan raja pertama Pajang. Ia juga tercatat sebagai penguasa Pajang yang membawa kerajaannya menuju masa kejayaan.

Pada era pemerintahannya, Kerajaan Pajang turut memperluas wilayah seperti ke Madiun hingga Kediri. Tak hanya itu, sektor pertanian yang menjadi mata pencaharian rakyatnya pun mengalami perkembangan signifikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3979 seconds (0.1#10.140)