KM Kalimas 4 Bermuatan BBM PLN Asmat Hilang Kontak, Tim SAR Sisir hingga Pulau Tiga

Selasa, 14 Desember 2021 - 22:22 WIB
loading...
KM Kalimas 4 Bermuatan BBM PLN Asmat Hilang Kontak, Tim SAR Sisir hingga Pulau Tiga
Tim Basarnas saat melakukan pencarian kapal motor (KM) 4 yang dilaporkan hilang kontak di perairan Timika-Asmat. Penyisiran dilakukan hingga pulau tiga. Foto: Istimewa
A A A
TIMIKA - Kapal Motor (KM) Kalimas 4 bermuatan BBM PLN Asmat dilaporkan hilang kontak di wilayah Timika-Asmat, sejak Minggu (12/12/2021). Hingga Selasa (14/12/2021) kapal tersebut belum juga diketahui keberadaannya.

Kantor pencarian dan pertolongan Timika langsung mendalami laporan dari ibu Ogi (perwakilan Pertamina Timika) terkait Kapal hilang kontak pada hari Minggu yang lalu.

Dalam laporannya, pada Minggu (12/12/2021) pukul 05:00 KM Kalimas 4, dengan Pob (Person On Board ) 6 orang, memuat BBM untuk PLN Kab. Asmat mengalami hilang kontak.

Baca juga: Breaking News: KKB Bakar SMPN Serambakon di Pegunungan Bintang Papua

Kapal yang direncanakan tiba di Asmat pukul 17:00 atau 12 jam setelah keberangkatan namun hingga dilaporkan ke petugas siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika kapal tersebut belum juga diketahui nasib dan keberadaannya.

Mendapati laporan tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Geroge LM Randang berkoordinasi dan pendalam informasi langsung memberangkatkan tim SAR gabungan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika POS SAR Asmat yang terdiri dari personel rescuer pos SAR Asmat, TNI AL, Pol Airud dan Rapi menggunakan RIB 85 PK SAR Asmat Milik Basarnas. “Penyisiran dilakukan dari Asmat hingga Pulau Tiga,” katanya.

Tak hanya itu tim SAR gabungan juga diberangkatkan dari Timika yang terdiri dari personil rescuer kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, TNI AL dan Pol Airud menggunakan Kapal RB ( Rescue boat Timika ) Milik Basarnas.

Baca juga: Diguncang Gempa M 7,5 Begini Kepanikan Warga Maumere Lari Menjauhi Laut

“Rencana pencarian melakukan penyisiran dari perairan Pomako ke arah pulau tiga dengan haluan bagian terluar dari jalur pelayaran rutin masyarakat Timika-Asmat,” pungkasnya.

Kepala sub bagian Ops SAR Timika, Syahril menyampaikan, Ops SAR Gabungan ini yang menggunakan Alut Laut yang dimaksimalkan dengan harapan jika semakin banyak aset atau unsur yang bergerak mencari maka potensi dite ukan semakin besar.

Baca juga: Kontak Senjata Satgas TNI Polri, 1 Anggota KKB di Yapen Ditangkap 3 Buron

“Tentunya kami dari unsur SAR gabungan menyesuaikan dengan situasi cuaca di lapangan, kami juga berharap jika ada masyarakat yang beraktifitas dilaut yang melihat keberadaan kapal atau para crew tersebut agar dapat melaporkan ke Basarnas atau Kantor Pencarian dan pertolongan Timika secepatnya,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan tim sar gabungan masih melakukan pencarian.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2506 seconds (10.101#12.26)