Operasi Keselamatan Semeru, Polda Jatim Fokus Pencegahan Corona

loading...
Operasi Keselamatan Semeru, Polda Jatim Fokus Pencegahan Corona
Wadirlantas Polda Jatim, AKBP Pranatal Hutajulu. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
SURABAYA - Polda Jatim melaksanakan Operasi Keselamatan Semeru 2020, yang digelar 6-19 April 2020. Operasi ini lebih mengedepankan pada tindakan pencegahan penyebaran virus Corona.

Wadirlantas Polda Jatim, AKBP Pranatal Hutajulu mengatakan, sebelumnya operasi ini namanya simpatik. Berhubung ada wabah virus Corona, pihaknya memodifikasi operasi ini dengan tujuan mendukung penanganan pencegahan virus tersebut.

"Dalam operasi ini tidak ada penilangan. Namun, tetap ada tindakan penegakan hukum di jalan pada siapapun yang melanggar," katanya di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (7/4/2020).

Pranatal menjelaskan, dalam operasi ini pihaknya lebih pada upaya preemtif dan preventif. Misalnya saja petugas patroli di jalan raya akan membubarkan kerumunan atau tempat nongkrong. "Petugas juga akan menyampaikan imbauan melalui publik pada kerumunan masyarakat khususnya yang ada di pinggir jalan," terangnya.



Kerumunan yang dibubarkan, kata, jika diduga bukan untuk kegiatan produktif. Jika kegiatan tersebut produktif, pihaknya mengingatkan kegiatan tersebut menggunakan protokol pencegahan Covid-19 dengan menerapkan physical distancing, jaga jarak dan menyediakan tempat cuci tangan serta hand sanitizer. "Kami juga melakukan langkah konkret dengan kegiatan pembagian masker, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan di sejumlah ruas jalan," imbuhnya.

Pranatal berharap langkah ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mematuhi peraturan lalu lintas dan mencegah penyebaran virus Corona. "Kita juga melakukan pengaturan dan penjagaan lalu lintas secara rutin maupun kita melakukan rekayasa lalu lintas pada kawasan physical distancing di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan yang setiap hari dilakukan," tandasnya.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top