Wilayahnya Dekat Surabaya, Pemkab Gresik Tetapkan Darurat Corona

Senin, 23 Maret 2020 - 14:07 WIB
Wilayahnya Dekat Surabaya, Pemkab Gresik Tetapkan Darurat Corona
ilustrasi
A A A
GRESIK - Pemerintah Kabupaten Gresik menetapkan status darurat virus corana atau covid-19. Selain posisi geografis dekat dengan Kota Surabaya, kenaikan ODP maupun PDP menjadi pertimbangan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik Syaifudin Ghozali menyatakan, peningkatan status itu untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona. Ditambah banyak warga Gresik yang juga bekerja di Surabaya.

"Penentuan statuas darurat corona itu muncul di pembahasan di dalam rapat Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid- 19 Gresik," ungkapnya, Senin (23/3/2020).

Ghozali menyebutkan peningkatan status itu disebabkan Gresik bersebelahan dengan Kota Surabaya. "Jawa Timur statusnya sudah darurat, paling besar pasien positif corona berada di Kota Surabaya. Saya kira keputusan itu sudah tepat untuk melakukan antisipasi," jelasnya.

Meski dinaikan statusnya, Kabupaten Gresik kondisinya masih terbilang aman. Tidak ada warga yang positif corona. Namun jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Gresik kembali meningkat. Dari sebelumnya pasien ODP hanya 18 orang, bertambah menjadi 25 orang.

Mereka yang berstatus ODP adalah pasien yang baru pulang dari luar negeri maupun luar daerah yang terjangkit virus corona. Semua kini mengisolasikan diri di dalam rumah hingga 14 hari kedepan.

Tidak hanya ODP, pasien dalam pemgawasan (PDP) juga mengalami peningkatan drastis. Dari sebelumnya hanya 3 orang bertambah menjadi 7 orang. Bahkan info terbaru status orang dalam risiko (ODR) mencapai 527 orang. Sama dengan pasien ODP, mereka mengisolasikan secara mandiri di dalam rumah.

"Sampai hari ini Kabupaten Gresik masih aman dari virus corona. Artinya tidak ada warga yang positif terkena, tapi kami di pemerintah sudah mengupayakan agar pencegahan dilakukan dengan masif," katanya
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0489 seconds (0.1#10.140)