Tingkatkan Kualitas Sapi lewat Festival Gerobak Sapi

Senin, 26 Agustus 2019 - 01:41 WIB
Tingkatkan Kualitas Sapi lewat Festival Gerobak Sapi
Peserta festival gerobak sapi mengikuti kegiatan tersebut di Lapangan Pojok, Harjobinangung, Pakem, Sleman, Minggu (25/8/2019). FOTO/IST
A A A
SLEMAN - Puluhan gerobak sapi mengikuti festival gerobak sapi Dies Natalis Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM ke 73 tahun 2019 di Lapangan Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Minggu (25/8/2019). Selain untuk melestarikan sarana tranportasi tradisonal, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ternak sapi. Yaitu dengan melombakan bakalan sapi jantan dan betina.

Ketua Panitia Dies Natalis FKH UGM ke 73, Aris Haryanto menjelaskan, kriteria penialaian meliputi penampilan grobak sapi dan keahlian Bajingan (sebutan pengemudi gerobak sapi), kesehatan dan keterlatihan sapi yang menarik gerobak. “Keterlatihan dari Sapi seperti cara jalan yang terkordinasi dan mengikuti jalur yang sudah kita tentukan,” kata Aris.

Untuk kriteria sapi yang digunakan adalah sapi putih atau sapi peranakan Ongole dan gerobak dengan hiasan alami berupa hasil alam. Kriteria penilaian untuk bakalan sapi jantan meliputi sapi yang sehat kuat dan kokoh serta minimal berumur 2 tahun. “Adapun untuk sapi betina, yakni dari eksterior organ reproduksi yang sehat dan terawat,” paparnya.

Aris berharap dengan gelaran festival ini akan memperoleh calon indukan jantan dan betina yang sehat dan baik. Sebagai tindaklanjutnya akan melakukan pembinaan kepada paguyuban sapi potong di Sleman agar lebih merawat hewan ternaknya dengan baik lagi.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun berharap dengan festival tersebut bukan hanya menjadi ajang berkumpulnya para pemilik gerobak sapi namun juga untuk mengirahkan kembali para peternak untuk meningkatkan populasi sapi di Sleman. Termasuk menjadi daya tarik pariwisata. Sehingga akan meningakatkan kunjungan wisatawan di Sleman. “Itulah harapan kami,” harapnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9946 seconds (0.1#10.140)