Wartawan Diminta Hati-Hati dalam Peliputan Pandemi Corona

Senin, 06 April 2020 - 09:00 WIB
Wartawan Diminta Hati-Hati dalam Peliputan Pandemi Corona
Anggota Komisi VII DPR Gandung Pardiman saat ramah tamah dan pemberian bantuan kepada wartawan di Kantor DPD Golkar DIY, Minggu (5/4/2020). FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
YOGYAKARTA - Anggota Komisi VII DPR Gandung Pardiman mengatakan bahwa pandemi virus corona jenis baru, Covid-19 berdampak pada semua sisi kehidupan manusia. Tidak hanya kesehatan, tapi juga bidang ekonomi, dan lainnya.

"Dampaknya sistemik, semua bidang terkena dampak. Untuk itu, semua harus mulai menjaga kesehatan meningkatkan sistem imun tubuh. Begitu juga para wartawan harus hati-hati dalam melakukan peliputan, jaga kesehatan karena perjuangan liputan yang luar biasa untuk pandemi Covid-19 ini," katanya saat ramah ramah dan pemberian bantuan sembako kepada wartawan di Kantor DPD Golkar DIY, Minggu (5/4/2020).

Dijelaskan, dalam upaya mendapatkan informasi, foto maupun gambar audio visual (video) mengenai perkembangan Covid-19 untuk disajikan kepada masyarakat seringkali wartawan tidak mempedulikan kesehatan diri. Beberapa anjuran terpaksa dilanggar untuk penyajian informasi yang akurat dan bisa dipercaya.

"Selain paramedis, wartawan juga berada di garda terdepan, sehingga mengalami dampak langsung adanya wabah ini. Maka kami juga berusaha memberikan paket sembako dan hand sanitizer serta masker untuk keelangkapan di lapangan. Terima kasih atas kerja sama dan semangatnya, media merupakan kontrol negara yang sangat dibutuhkan sebagai bagian dari empat pilar demokrasi," kata Gandung yang juga Ketua DPD Golkar DIY ini.

Gandung Pardiman berharap pemberitaan media dalam penanganan pandemi virus corona ini bersifat informasi positif, membangun kesadaran dan bisa menumbuhkan semangat gotong-royong, kekeluargaan, meningkatkan solidaritas, serta hal-hal inspiratif dan memberikan harapan.

"Informasikan cara-cara yang benar menghadapi wabah Covid-19 dan selalu menginformasikan agar masyarakat tidak panik penting dilakukan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3212 seconds (0.1#10.140)