Pererat Kedekatan dengan Masyarakat, Polda Jabar Gelar Suling

Jum'at, 08 Februari 2019 - 11:16 WIB
Pererat Kedekatan dengan Masyarakat, Polda Jabar Gelar Suling
Direktur Binmas Polda Jabar Kombes Pol Badya Wijaya (tengah) foto bersama dengan jamaah Masjid Assalam seusai melaksanakan kegiatan Suling. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Untuk lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Jabar menggelar kegiatan Salat Subuh Keliling (Suling) di Masjid Assalam, Jalan Sasak Gantung, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jumat (8/2/2019).

Dalam kegiatan tersebut hadir Direktur Binmas Polda Jabar Kombes Pol Badya Wijaya, Ketua Yayasan Assalam Bidang Sosial Keagamaan Lukman Hakim, para pengurus Yayasan Assalam, Kasat Binmas Polrestabes Bandung, Kapolsek Regol, tokoh agama, masyarakat Kecamatan Regol, dan seluruh perwira di kesatuan Binmas Polda Jabar.

Badya Wijaya mengatakan, kegiatan Salat Subuh Keliling atau Suling merupakan salah satu program Polri yang merupakan instruksi Kapolri di seluruh Polda di Indonesia. "Untuk di Polda Jabar, Suling telah dilaksanakan setahun di seluruh polres jajaran," kata Badya.

Tujuan kegiatan Suling ini dilaksanakan, agar Polri lebih dekat kepada masyarakat. "Kalau sudah dekat dengan masyarakat, melalui Salat Subuh berjamaah saya yakin masyarakat pun tidak ragu-ragu lagi menghilangkan jarak. Kami juga silaturahim dengan alim ulama, mencoba mengajak masyarakat ikut datang ke masjid, itu salah satunya," ujar dia.

Badya menuturkan, selain dekat dengan masyarakat, dari segi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), melalui Suling Polri mengajak masyarakat berperan aktif menjaga keamanan. Apalagi menjelang Pemilu 2019.

"Kegitan ini rutin dilaksanakan dua kali dalam satu minggu. Kalau di polres-polres itu setiap hari, khususnya Subuh. Karena Subuh itu awal masyarakat beraktivitas. Kalau polisi sudah siap, masyarakat juga merasa tenang, Pak Polisi sudah ada," tutur Badya.

Sementara itu, Ketua Bidang Sosial Keagamaan Yayasan Assalam Haji Lukman Hakim mengapresiasi positif kegiatan Suling yang digelar Ditbinmas Polda Jabar.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada kepolisian yang turun langsung berbaur dengan masyarakat sekaligus memberikan jaminan keamanan dan ketenteraman kepada masyarakat. Ini luar biasa sekali. Untuk kegiatan ini saya berharap terus berlangsung," kata Lukman.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9680 seconds (0.1#10.140)