Banyak Kios Dijual, Ini Upaya Pemkot Bantu Pedagang Pasar Baru

Minggu, 30 Desember 2018 - 15:49 WIB
Banyak Kios Dijual, Ini Upaya Pemkot Bantu Pedagang Pasar Baru
Pasar Baru Bandung, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung. Foto/ISTIMEWA
A A A
BANDUNG - Setelah pengelolaan Pasar Baru Bandung diambil alih oleh Pemkot Bandung, sejumlah langkah bakal dilakukan untuk menyelamatkan pedagang. Salah satunya mencegah agar kios pedagang tidak dijual kepada pihak lain.

Pjs Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung Andri Salman menyatakan, setelah Pasar Baru diambil alih Pemkot Bandung, pihaknya akan berkoordinasi dengan perbankan agar para pedagang bisa memperoleh bantuan kredit kepemilikan kios.

“Pedagang menunggu bantuan kredit kepemilikan kios, yang sisa waktu kepemilikan kios itu tinggal 5 tahun. Akibatnya, banyak pedagang yang menjualnya. Oleh karena itu, kami akan lakukan perpanjang sisa hak guna kepada pedagang, sehingga pedagang bisa memiliki secara sertifikatnya,” kata Andri, Minggu (30/12/2018).

Rencana perpanjangan hak guna, kata dia, diharapkan meningkatkan minat perbankan memberi bantuan kredit kepada pedagang. “Dengan itu otomatis bank akan berlomba-lomba membiayainya,” ujar dia.

Andri mengaku siap untuk meningkatkan kinerja dalam pengelolaan pasar. Apalagi Pemkot Bandung menargetkan pendapatan dari Pasar Baru sekitar Rp100 juta/bulan.

Dengan luas 100.000 meter persegi, Andri berharap, pedagang mampu berkolaborasi dengan PD Pasar Bermartabat. "Seluas ini, setengahnya menjadi area ruang dagang, kita siapakan semaksimal mungkin dalam pengelolaan," tutur Andri.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0835 seconds (0.1#10.140)