Sempat Buka, Pasar Leuwipanjang Bandung Ditutup Lagi

Rabu, 10 Juni 2020 - 14:50 WIB
loading...
Sempat Buka, Pasar Leuwipanjang Bandung Ditutup Lagi
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung menutup sementara Pasar Leuwipanjang yang sempat beroperasi kembali pada Rabu (10/6/2020) pagi. SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung menutup sementara Pasar Leuwipanjang yang sempat beroperasi kembali pada Rabu (10/6/2020) pagi. Penutupan tersebut dilakukan atas instruksi Wali Kota Bandung setelah satu pedagang di pasar tersebut terkonfirmasi terpapar virus Corona atau COVID-19.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan, Pasar Leuwipanjang merupakan salah satu pasar dari tiga pasar yang harus ditutup sementara selama 14 hari karena ada pedagang yang positif COVID-19. Beroperasinya pasar tersebut pada Rabu (10/6/2020) pagi, akibat miskomunikasi pedagang.

"Ya ada miskomunikasi di situ. Mungkin (pedagang) salah persepsi ya (soal waktu penutupan), tapi tadi sudah ditutup. Kami lakukan penutupan dengan baik-baik (tidak ada reaksi negatif dari pedagang)," kata Rasdian, Rabu (10/6/2020). (Baca juga; Berpotensi Klaster Baru, Kang Emil Pantau 700 Pasar Tradisional )

Rasdian menjelaskan, miskomunikasi tersebut terjadu karena para pedagang belum mengetahui hingga kapan penutupan Pasar Leuwipanjang dilakukan. Agar para pedagang paham, Satpol PP Kota Bandung meminta PD Pasar Bandung Bermartabat memasang pengumuman secara resmi.

"Yang Pasar Leuwipanjang sudah saya dorong PD Pasar Bandung Bermartabat, saya panggil supaya memasang tulisan di spanduk, pasar ditutup sampai kapan. Kan sampai tanggal 23 Juni," ujarnya.

Ke depan, tutur Kepala Satpol PP, petugas bakal ditugas berpatroli guna mencegah para pedagang kembali berjualan di pasar tersebut. Personel dari tingkat kecamatan juga akan diterjunkan.

"Jadi di wilayah kecamatan, kewenangan ada di gugus tugas kecamatan. Tapi kalau yang agak besar, seperti Pasar Baru, nah itu gugus tugas kota (kewenangannya)," tutur Rasdian.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita mengungkapkan, di Pasar Leuwipanjang terdapat satu pedagang positif COVID-19 berdasarkan hasil swab test. (Baca juga; Masih Beroperasi, Oded Pastikan Tiga Pasar Tradisional Ditutup Hari Ini )

Pernyataan itu sekaligus meluruskan pernyataan Wali Kota Bandung Oded M Danial yang menyebutkan ada dua orang positif COVID-19 di pasar tersebut. "Iya (hanya ada satu orang)," kata Rita melalui pesan singkat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)