Bersihkan Mesin Kendaraan dengan Gurah

Kamis, 19 Februari 2015 - 10:26 WIB
Bersihkan Mesin Kendaraan dengan Gurah
Bersihkan Mesin Kendaraan dengan Gurah
A A A
YOGYAKARTA - Banyak pengguna kendaraan motor dan mobil yang sering mengeluhkan performa kendaraannya semakin turun seperti tenaga yang tidak maksimal, tarikan turun, tarikan pada gas semakin berat sehingga membuat getaran pada mesin menjadi kasar.

Sebuah inovasi baru ditemukan untuk mampu mengembalikan performa mesin kendaraan dengan cepat dan murah. Inovasi ini dikeluarkan oleh Femax sebuah teknologi di bidang automotif yang menerapkan sistem ramah lingkungan. Di awal Januari 2015 ini, Femax membuat sebuah terobosan baru dengan membuat alat bernama gurah mesin.

Seperti kata dasarnya “gurah” memiliki fungsi untuk membersihkan sesuatu yang kotor dari dalam didorong untuk keluar. Banyak pengguna kendaraan, baik motor atau mobil, yang kurang memperhatikan kebersihan mesin. Dalam waktu satu tahun kondisi mesin pasti kotor akibat pembakaran yang kurang sempurna.

“Mobil atau motor yang sering digunakan memiliki deposit kerak karbon dalam mesin yang banyak dan ini harus segera dibersihkan,” kata pemilik Femax, Joko Istiyanto ketika ditemui di bengkel otomotif miliknya di Jalan Karangmalang Blok A4 Yogyakarta, kemarin. Joko memaparkan, banyak hal yang membuat mesin kendaraan cepat kotor di antaranya bahan bakar yang digunakan banyak mengandung karbon.

Pembakaran yang tertinggal lama-kelamaan menjadi kerak dan mengendap bertahun-tahun. Faktor lain yang membuat mesin kendaraan kotor adalah memilih oli yang tidak standar sehingga membuat pembakaran tidak sempurna dan banyak timbunan karbon. Umumnya membersihkan mobil atau motor di bengkel membutuhkan waktu yang lama hingga tiga hari.

Dengan menggunakan alat baru gurah mesin ini, membersihkan mesin mobil hanya satu jam dan membersihkan motor hanya setengah jam. Idealnya, untuk mobil dilakukan pembersihan setengah tahun sekali sedangkan untuk motor bisa satu tahun sekali. Cara pengerjaan pembersihan mesin terbilang tidak rumit, yaitu dengan menggunakan produk otomaxpro carbon cleaner untuk membersihkan timbunan kerak karbon di dalam ruang bakar.

Pengerjaan dilakukan dengan cara memasukkan cairan otomaxpro carbon cleaner melalui lubang busi (tanpa membongkar mesin). Kemudian dilanjutkan dengan cairan direndam selama 5–10 menit, selanjutnya cairan bersamaan dengan kerak karbon terlarut dihisap menggunakan otomaxpro special tool.

Diamkan sejenak agar proses pembersihan berlangsung maksimal. “Gurah mesin dijual dengan harga terjangkau untuk kendaraan mobil Rp300.000 dan motor Rp70.000,” tuturnya. Yudi Irawan, salah satu mahasiswa di Kota Yogyakarta sekaligus konsumen Femax mengaku proses pembersihan kendaraan motor dengan gurah mesin lebih hemat dan tidak memakan waktu yang lama.

“Untuk ukuran kantong mahasiswa seperti saya, yang menginginkan mesin kendaraan tetap fit karena setiap hari digunakan, gurah mesin cocok digunakan. Selain tidak perlu menunggu berjam-jam di bengkel, harganya pun sangat terjangkau,” tuturnya.

Windy Anggraina
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4143 seconds (0.1#10.140)