4 Ibu Rumah Tangga Positif HIV/AIDS, 1 Orang Hamil

Senin, 11 Agustus 2014 - 18:32 WIB
4 Ibu Rumah Tangga Positif HIV/AIDS, 1 Orang Hamil
4 Ibu Rumah Tangga Positif HIV/AIDS, 1 Orang Hamil
A A A
SUKABUMI - Empat orang ibu rumah tangga asal Kota Sukabumi dinyatakan positif terinfeksi HIV/AIDS.Tragisnya, satu orang di antara ibu rumah tangga tersebut tengah dalam kondisi mengandung.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kota Sukabumi Fifi Kusumajaya mengungkapkan, ke empat ibu rumah tangga ini diketahui terjangkit HIV/AIDS berdasarkan hasil temuan kasus tahun 2014 ini. Umumnya mereka merupakan ibu rumah tangga berusia produktif.

"Para wanita ini terinfeksi virus yang ditularkan suaminya. Selain empat wanita ini, kami juga menemukan 54 orang penderita lainnya. Dengan demikian jumlah keseluruhan kasus terbaru HIV/AIDS pada tahun ini mencapai 58 orang atau masih berada dibawah dari jumlah kasus tahun 2013 sebanyak 135 kasus," beber Fifi Senin (11/8).

Diakuinya, penyebaran virus ke kalangan ibu rumah tangga itu lebih dikarenakan melalui hubungan seksual dengan suaminya. Secara keseluruhan jumlah kasus penderita HIV/AIDS di Kota Sukabumi sejak 2002 hingga sekarang mencapai sebanyak 784 kasus.

Jumlah ini menempatkan Kota Sukabumi pada urutan ke tiga di Jawa Barat sebagai daerah tertinggi kasus penyebaran virus HIV/AIDS.

Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi menegaskan saat ini pihaknya tengah gencar memperkuat program warga peduli AIDS (WPA). Dengan kelompok warga ini maka akan memudahkan untuk mendeteksi penyebaran virus.

"WPA ini sudah terbentuk di tujuh kecamatan atau seluruh wilayah Kota Sukabumi. Keberadaannya sangat efektif untuk mengetahui tingkat penyebaran virus," tuturnya.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4996 seconds (0.1#10.140)