Jawa Timur

Letusan Gunung Kelud bakal lebih dahsyat dari Sinabung

Sabtu,  8 Februari 2014  −  05:00 WIB
Letusan Gunung Kelud bakal lebih dahsyat dari Sinabung
Gunung Kelud

Sindonews.com - Gunung Kelud yang berstatus Waspada sejak 2 Februari lalu menyimpan potensi letusan yang lebih besar dari Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Material dari perut bumi yang dikeluarkan jumlahnya diprediksi sangat banyak.

"Dibanding Sinabung, Kelud ini jauh lebih besar," kata Kepala Bidang Mitigasi Bencana, Gempa Bumi, dan Gerakan Tanah PVMBG, Gede Suantika, di Bandung, Jumat (7/2/2014).

Jika Gunung Kelud meletus, material dari perut bumi yang keluar diperkirakan di atas 100 juta meter kubik. Sementara material yang dikeluarkan Sinabung sejak tahun lalu hingga kini jumlanya jauh lebih sedikit.

"Akumulasi (material yang keluar) dari Sinabung itu diperkirakan hanya sekira 15 juta meter kubik," ungkapnya.

Gede mengatakan, letusan Gunung Kelud berdasarkan sejarah letusannya bersifat harian. Artinya Gunung Kelud hanya sekali erupsi, tapi material yang keluar jumlahnya luar biasa banyak.

Hal itu berbeda dengan Gunung Sinabung yang letusannya berlangsung periodik selama beberapa waktu. Material yang keluar dari Sinabung pun keluar sedikit demi sedikit sesuai dengan erupsi yang terjadi.

Dengan material yang jumlahnya diprediksi 100 juta meter kubik lebih, kawasan terdampak material letusan akan mencapai 10 kilometer lebih ke arah barat jika letusan bersifat sektoral.

Sementara jika letusan bersifat vertikal, material letusan akan mencapai 15 kilometer lebih.






(lns)

views: 16.807x
shadow