Suka bolos, nama anggota DPRD diumumkan ke media

Rabu, 23 Oktober 2013 - 17:05 WIB
Suka bolos, nama anggota DPRD diumumkan ke media
Suka bolos, nama anggota DPRD diumumkan ke media
A A A
Sindonews.com - Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Tana Toraja akan mengumumkan nama-nama anggota dewan yang malas masuk kantor dan rajin bolos sidang paripurna melalui media massa.

Wakil Ketua BK DPRD Tana Toraja Daniel Tandi Papalangi menyatakan, dari beberapa agenda sidang paripurna dan pembahasan di tingkat komisi di DPRD Tana Toraja, banyak oknum anggota dewan yang tidak hadir.

Akibat ketidakhadiran anggota dewan itu, sidang paripurna maupun sidang komisi terpaksa ditunda lantaran jumlah wakil rakyat yang hadir tidak memenuhi kuorum. Tertundanya sebuah agenda sidang akan berpengaruh pada kegiatan DPRD lainnya.

"Tingkat disiplin anggota dewan yang rendah bisa mempengaruhi pembahasan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2013 untuk ditetapkan menjadi perda," ujarnya, kepada wartawan, Rabu (23/10/2013).

Ditambahkan dia, pembahasan RAPBD-P yang lamban akan berpengaruh pada realisasi program yang juga pelaksanaannya akan terlambat, sehingga masyarakat tidak bisa menikmati hasil pembangunan tepat waktu.

“BK tidak akan memberikan toleransi lagi bagi anggota legislatif yang malas mengikuti sidang maupun rapat dalam pembahasan RAPBD-P. Kalau ada anggota dewan yang malas, BK akan evaluasi dan namanya akan kami umumkan ke publik melalui media massa,” tegasnya.

Dia mengatakan, pengumuman nama anggota dewan di media massa sebagai peringatan agar anggota dewan yang seharusnya memberi contoh kepada masyarakat sekaligus untuk membuktikan rakyat tidak salah memilih wakil rakyat karena memiliki disiplin yang tinggi.

“Mengumumkan nama-nama anggota dewan yang tidak disiplin dan malas masuk kantor kepada masyarakat luas bukan sekedar ancaman belaka. Jika memang ada anggota legislatif yang tetap malas masuk kantor, kami akan membeberkan namanya," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3689 seconds (0.1#10.140)