Ribuan kertas suara Pilgub & Pilbup apkir

Selasa, 28 Mei 2013 - 19:44 WIB
Ribuan kertas suara Pilgub & Pilbup apkir
Ribuan kertas suara Pilgub & Pilbup apkir
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empatlawang memastikan, ribuan surat suara untuk pelaksanaan pemilihan gubernur Sumatera Selatan dan bupati Empatlawang banyak yang rusak. Kondisi ini diketahui ketika KPU melakukan penyortiran.

Kerusakan bervariasi, dari adanya kertas suara yang sobek, foto kandidat yang buram serta tinta cetak yang meluber dan adanya kertas yang sudah berlobang.

Ketua KPU Empatlawang Murroaimin Zahri mengatakan, sudah melaporkan temuannya tersebut ke KPU SUmatera Selatan. Sedangkan untuk surat suara pilbup, akan langsung diganti oleh percetakan.

“Kami yakin sesuai dengan jadwal logistik sudah bisa didistribusikan, pada tanggal 4 Juni nanti atau menginap semalam di PPK,” ujarnya.

Komisioner KPU Empatlawang divisi logistik Radinal menjelaskan, untuk kertas suara Pilbup pihaknya langsung melaporkan ke pihak rekanan atau percetakan.

Karena pengajuan pencetakan kertas suara untuk Pilbup dilakukan oleh pihak KPU Empatlawang. Sementara untuk kertas suara Pilgub pihaknya akan melaporkan kepada pihak KPU Sumsel.

“Untuk Pilbup kami langsung, tapi untuk Pilgub kami laporkan ke KPU Sumsel,” jelasnya.

Terkait kerusakan kertas suara seperti kertas yang berlobang, dia meminta masyarakat jangan salah menafsirkan. Apalagi beredar kabar, bahwa surat suara tersebut sengaja dicoblos pada bagian gambar kandidat.

“Jadi tidak benar itu sudah dicoblos, makanya kita lakukan penyortiran agar diketahui apa saja kerusakannya, termasuk kertas suara yang sudah berlobang,” jelasnya.

Untuk kertas suara Pilbup pihaknya menemukan tidak kurang dari 2.100 lembar yang mengalami kerusakan. Sementara untuk Pilgub Sumsel, pihaknya belum menghitung total jumlah kertas suara yang rusak tersebut.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6444 seconds (0.1#10.140)