Pilkada Kalteng Digelar Besok

Selasa, 26 Januari 2016 - 12:13 WIB
Pilkada Kalteng Digelar Besok
Pilkada Kalteng Digelar Besok
A A A
JAKARTA - Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada), Rabu (27/1/2016). Wilayah tersebut akan menjadi daerah kedua yang menyelenggarakan pilkada susulan setelah sebelumnya Kabupaten Fakfak pada 17 Januari silam.

Jumlah pemilih dalam Pilkada Kalteng mencapai 38.843 orang. Ada dua pasangan calon yakni Sugianto-Habib Ismail dan Willy-Wahyudi.

"Waktu kami ke sana (Jumat 22/1/2016), besoknya sudah distribusi dari kabupaten/kota ke kecamatan dan C6 sudah tersebar," ucap Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Selasa (26/1/2016).

Ferry mengatakan, hingga saat ini belum ada catatan khusus yang mengindikasikan pilkada di sana bisa terhambat pelaksanaannya. Meskipun diakui sempat ada ketegangan seusai putusan MA yang mencoret pasangan calon Ujang-Jawawi dari keikutsertaannya.

"Tapi itu mulai mereda. Sekarang yang perlu diperhatikan itu soal cuaca, karena di Murung Raya itu cukup berat kondisinya, lalu di perbatasan Kalsel," pungkasnya.

Pilkada Kalteng yang awalnya akan digelar pada 9 Desember 2015 ditunda menyusul keluarnya putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang mengabulkan gugatan pasangan calon Ujang Iskandar-Jawawi dengan nomor perkara 29/G/Pilkada/2015/PTTUN.JKT.

Namun, keikutsertaan pasangan calon Ujang Iskandar-Jawawi dalam Pilkada Kalteng pupus setelah Mahkamah Agung (MA) memenangkan kasasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Jakarta itu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9011 seconds (0.1#10.140)