Kabut Asap Mulai Ganggu Penyeberangan di Selat Sunda

Senin, 26 Oktober 2015 - 20:34 WIB
Kabut Asap Mulai Ganggu Penyeberangan di Selat Sunda
Kabut Asap Mulai Ganggu Penyeberangan di Selat Sunda
A A A
CILEGON - Lalu lintas kapal penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni atau sebaliknya mulai terganggu akibat kabut asap. Gangguan kabut asap bagi pelayaran ini mulai dirasakan dua hari terakhir.

"Hari ini kita sudah mengeluarkan surat (edaran) kepada seluruh nakhoda untuk kapal-kapal penyeberangan yang ada disini. Manakala mewaspadai jarak pandang yang mulai terganggu," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Yanus Lentanga, Senin (26/10/2015).

Pihaknya juga mengimbau dan meminta agar para nakhoda selalu mengaktifkan alat navigasi kapal selama penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni Lampung menuju Pelabuhan Merak-Kota Cilegon guna menghindari kecelakaan melhat kondisi jarak pandang dari hari ke hari semakin mengganggu aktivitas penyeberangan.

"Bila jarak pandang sudah tidak seperti biasanya, kita imbau agar seluruh alat fungsi navigasi diaktifkan, disamping juga dilakukan pengamatan secara manual," jelasnya

Yanus mengungkapkan, kabut asap tidak hanya menyelimuti Perairan Selat Sunda namun telah menyebar ke wilayah Pelabuhan Merak Kota Cilegon Banten mengakibatkan warga merasakan perih di bagian mata.

"Memang dari kemarin, terutama hari ini sudah dirasakan. Mungkin kita juga merasakan perih di mata sekarang ini, mungkin karena kabut asap yang terjadi,” katanya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9692 seconds (0.1#10.140)