Ayah Tiga Anak Diciduk Karena Menanam Ganja

Senin, 31 Agustus 2015 - 20:02 WIB
Ayah Tiga Anak Diciduk Karena Menanam Ganja
Ayah Tiga Anak Diciduk Karena Menanam Ganja
A A A
TARUTUNG - NS (29) warga Desa Sitabotabo, Kecamatan Siborongborong diringkus polisi karena menanam tiga batang ganja di ladang kopi.

Ayah tiga anak tersebut mengaku memperoleh bibit ganja tersebut dari salah seorang rekannya bernama Gunawan yang tinggal di Medan.

Humas Polres Taput Ipda W Baringbing mengatakan, penangkapan terhadap tersangka NS dilakukan setelah adanya informasi dari warga.

NS yang sehari-harinya bekerja sebagai sopir menanam ganja di dalam pot bunga dan meletakannya diantara batang kopi di salah satu kebun dekat rumahnya.

“Letak kebun dengan rumahnya sekitar limapuluh meter, NS kami bawa ke lokasi dan membenarkan bahwa tiga batang ganja dalam pot merupakan miliknya,” ungkap Baringbing , Senin (31/8/2015) di Doloksanggul.

Baringingbing mengatakan, bahwa dari lokasi kejadian pihak kepolisian menyita satu batang ganja yang sudah berukuran satu meter.

Sementara dua batang lainnya masih berukuran pendek. NS kepada polisi memaparkan bahwa ganja tersebut belum pernah dijual.

Ganja tersebut ditanam sejak November tahun lalu. “Niat si tersangka memang untuk menjual ganja tersebut apabila nantinya sudah panen. Namun tim Satuan Narkoba (Satnarkoba) yang berhasil meringkus NS tidak akan percaya begitu saja, serta Polres akan melakukan pengembangan untuk mengungkap pelaku yang lebih besar,” paparnya.

Atas perbuatan tersangka kepadanya dikenakan sanksi melanggar Pasal 111 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun dan denda Rp800.000.000.

“Dan sekarang tersangka telah kita tahan berikut barang bukti dari lokasi kejadian,” kata Baringbing.

Sementara itu, NS saat diintrogasi polisi mengatakan, bahwa ganja tersebut belum layak panen.

Karena itu dia belum pernah mengambil hasil dari ganja yang ditanamnya. Awalnya dia hanya iseng untuk menanam ganja tersebut.

Namun setelah dia melihat ganja tersebut mekar maka dia berniat untuk menjual. “Saya memang menggunakan ganja, tetapi hanya sekedar. Dan saya awalnya tidak yakin bahwa ganja itu akan tumbuh subur,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8115 seconds (0.1#10.140)