Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Berpotensi Terjang Wilayah Pesisir, BMKG Imbau Warga Waspada

Rabu, 18 Januari 2023 - 12:24 WIB
loading...
Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Berpotensi Terjang Wilayah Pesisir, BMKG Imbau Warga Waspada
Gelombang tinggi hingga 6 meter berpotensi terjang wilayah pesisir, BMKG imbau warga waspada. Foto ilustrasi
A A A
JAKARTA - Gelombang tinggi hingga enam meter berpotensi terjadi di beberapa perairan Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di wilayah pesisir agar tetap waspada.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG , Eko Prasetyo mengatakan, gelombang tinggi berpotensi terjadi pada 18-20 Januari 2023 seiring pola angin di wilayah Indonesia. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.



"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ujar Eko Prasetyo di Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Di wilayah Indonesia bagian selatan, lanjut dia, dominan bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. "Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Arafuru dan perairan Yos Sudarso," paparnya.

Kondisi itu, lanjut dia, menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,50 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kep. Mentawai, perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh-Kep.Mentawai, Teluk Lampung bagian selatan, perairan selatan P. Sumba, Selat Alas dan Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan P. Sawu-P. Rotte, Laut Sawu, Samudra Hindia Selatan NTT.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Laut Natuna, perairan timur Bintan, Laut Jawa, perairan utara Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, perairan Kep. Sangihe-Kep. Talaud, perairan Bitung-Kep. Sitaro, Laut Maluku, perairan utara dan timur Kep. Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Raja Ampat-Jayapura, perairan P. Biak, Samudra Pasifik Utara Halmahera-Jayapura, Laut Arafuru bagian barat dan timur Kep. Aru, perairan Yos Sudarso, perairan Kep. Sermata-Tanimbar, perairan Kep. Kai-Aru.

Sedangkan, pada gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2,50-4 meter berpeluang terjadi di perairan barat Lampung, perairan P. Enggano, Samudra Hindia Barat Bengkulu-Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan P. Jawa-Bali-Lombok-P. Sumbawa, Selat Bali dan Lombok bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa-NTB, perairan Kep. Anambas-Natuna, Laut Arafuru bagian timur-selatan Merauke.

Sedangkan, untuk gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4-6 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara. "Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran," kata Eko Prasetyo.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8090 seconds (0.1#10.140)