UN SMP, Siswa Menyontek hingga Tukar Lembar Jawaban

Selasa, 05 Mei 2015 - 11:43 WIB
UN SMP, Siswa Menyontek hingga Tukar Lembar Jawaban
UN SMP, Siswa Menyontek hingga Tukar Lembar Jawaban
A A A
POLEWALI - Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, diwarnai sejumlah aksi curang oleh siswa dengan saling menyontek. Ironisnya, aksi curang ini tak terpantau pengawas.

Aksi saling menyontek itu terekam dalam UN hari kedua di SMPN 6 Polewali Mandar. Sejumlah siswa terlihat melakukan aksi curang dalam mengisi soal jawaban UN, mulai dari aksi menyontek hingga melihat catatan di bawah meja.

Bahkan, beberapa siswa saling tukar lembaran jawaban pada siswa lainnya. Aksi curang ini dilakukan para siswa saat pantia pengawas lengah. Pihak panitia pengawas terlihat asik ngobrol di luar ruangan.

Aksi curang ini terhenti saat tertangkap kamera wartawan. Namun saat kamera tidak tertuju, aksi para siswa kembali diulang. Selain diwarnai aksi nyontek dan tukar lembaran jawaban, hari kedua ini para siswa banyak yang datang terlambat.

Bahkan, seorang siswa harus dijemput oleh pihak pantia di rumahnya, lantaran siswa tersebut tidak masuk sekolah karena telat bangun pagi. Siswa itu beralasan mengantuk karena membantu mencari ikan orangtuanya semalam.

Sementara itu, Kepala SMPN 6 Polewali Mandar mengaku, pihak sekolah sudah melakukan persiapan matang sejak beberapa hari sebelum ujian digelar. Mereka berharap ujian tahun ini kelulusan siswa mencapai 100%.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8059 seconds (0.1#10.140)