8 Desa di Probolinggo Gelar Merdeka Heppiii, Beri Tenda UMKM hingga Baju untuk Seniman

Minggu, 01 September 2024 - 07:00 WIB
loading...
8 Desa di Probolinggo...
Karang Taruna yang tergabung dalam Heppiii Community Probolinggo secara serentak menggelar kegiatan Merdeka Heppiii sepanjang Agustus 2024. Foto/Masdarul Kh
A A A
PROBOLINGGO - Karang taruna (kartar) yang tergabung dalam Heppiii Community Probolinggo secara serentak menggelar kegiatan Merdeka Heppiii sepanjang Agustus 2024. Ada delapan kartar yang menggelar berbagai kegiatan, seperti kesenian, hingga pengadaan tenda untuk UMKM serta baju seragam untuk para seniman kesenian Singo Wongso di Probolinggo.

Delapan Kartar tersebut adalah Kartar Pohsangit Leres, Sukapura, Kalibuntu, Binor, lalu ada Gerakan Pemuda Boto (Gepeto), kemudian Brumbungan Lor, Karang Taruna CPN (ngepung), dan Karta Laweyan Probolinggo.

Kegiatan ini secara serentak dilaksanakan mulai 14 hingga 31 Agustus 2024.

“Setiap desa yang tergabung dalam Heppiii Community menggelar berbagai keseruan acara bertema Merdeka Heppiii, seperti lomba, kemudian tampilan kesenian daerah setempat, tapi ada juga yang menggelar kegiatan sosial, seperti pemberian tenda untuk UMKM di Karta Pohsangit Leres,” kata Koordinator Heppiii Community Probolinggo Andi Susanto, Sabtu (31/8/2024).



Sama seperti desa-desa lainnya, di Pohsangit leres juga ada tampilan kesenian Singo Wongso yang dimainkan puluhan anggota karang taruna. Dalam momen kemerdekaan ini karta juga memberikan seragam untuk para seniman Singo Wongso.

Kesenian Singo Wongso ini dimainkan dengan menggunakan berbagai alat musik tradisional, lalu ada penarinya. Jumlah pemain dalam kesenian ini adalah 35 orang, mayoritas pemainnya adalah anak-anak muda.

Kesenian Singo Wongso ini terdiri dari penabuh gendang, bass, tamborin, gamelan, gong, penari, vokal, dan pendorong kereta. Kemudian ada juga karnaval, jalan santai, dan keseruan lainnya.

Desa lain yang ikut Merdeka Heppiii adalah Sukapura yang digelar pada 24 agustus 2024. Di desa ini ada berbagai acara hiburan untuk warga desa. Lalu kartar lain yang ikut kegiatan Merdeka Heppiii ini ada kartar Kalibuntu, Karta Binor, gerakan pemuda boto (Gepeto), lalu ada karta Patriot Brumbungan Lor, Karang taruna CPN (Ngepung), lalu ada Karta Laweyan.

Karta Heppiii Community secara rutin menggelar kegiatan Merdeka Heppiii tiap bulan Agustus. Kegiatan ini dilaksanakan selain memeriahkan HUT RI juga untuk wadah silaturahmi antar warga.

Kegiatan Merdeka Heppiii ini juga untuk membangun kebersamaan warga desa serta menambah kreativitas. Dalam kegiatan Merdeka Heppiii juga ada sejumlah desa yang menggelar kegiatan sosial, seperti penambahan fasilitas umum
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)