Relawan GGN Gandeng Santri Rehab Asrama Ponpes Hidayatul Falah

Rabu, 11 Januari 2023 - 10:23 WIB
loading...
Relawan GGN Gandeng Santri Rehab Asrama Ponpes Hidayatul Falah
GGN menyerahkan bantuan dalam mendorong rehabilitasi asrama santri di Ponpes Hidayatul Falah, Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Selasa (10/1/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TULUNGAGUNG - Relawan Gus-Gus Nusantara (GGN) terus menyebarkan perhatiannya terhadap lingkungan pondok pesantren . Terbaru, GGN menyerahkan bantuan dalam mendorong rehabilitasi asrama santri di Ponpes Hidayatul Falah, Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim).

Relawan Ganjar Pranowo berlatar belakang putra para kiai ini berniat meningkatkan kualitas pendidikan pesantren. Salah satunya melalui perbaikan asrama ponpes bagi para santri demi menambah kenyamanan tempat tinggal dan beraktivitas.

"Ini saya rasa sangat perlu untuk mempercepat kenyamanan bagi kaum santri dalam mengemban tugas belajar ilmu agama untuk pesantren tersebut. Dari Gus-Gus Nusantara memberikan bantuan berupa pasir, batu-bata, dan pemasangan plafon dan gypsum," kata Koordinator Wilayah GGN Jatim, Gus Alwy Hasan di lokasi, Selasa (10/1/23).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dalam agenda Doa Bersama demi Keselamatan NKRI. Bantuan diterima langsung pengurus Ponpes Hidayatul Falah, Gus Mukhlisin.

Gus Alwy menyebut Hidayatul Falah merupakan satu dari empat ponpes di bawah naungan Yayasan Gunajaya. Tiga lainnya adalah Al Falah Putra Trenceng, Al Falah Putri Trenceng, dan An-Najah.

Pada proses pengerjaan, GGN menggaet para santri dan alumni Pondok Pesantren Al Falah Trenceng untuk memugar satu asrama santri tersebut. Nantinya, asrama dengan luas 6x7 meter tersebut bakal dihuni kurang lebih 30 santri.

"Kami di pondok pesantren dibiasakan ro'an (kerja bakti). Jadi, pelaksanaan renovasi asrama ini nanti kami kerja sama dengan santri dan para alumni Ponpes Al-Falah," tuturnya.

Dalam rangka menebar kebaikan dan kebermanfaatan kepada sesama, GGN berkomitmen menjaring aspirasi masyarakat. Salah satunya masyarakat pesantren yang berada di Jatim.

"Di mana pendidikan pesantren ini dirasa cukup lama berhasil dalam mendidik akhlak bangsa di NKRI. Sehingga perlu menurut kami memperdulikan dan memperhatikan finansial bangunan-bangunan dari pondok yang kami jangkau," jelasnya.

Ali Imron (21), salah satu santri mengapresiasi bantuan pemugaran asrama santri. Dia berharap, adanya bantuan ini dapat meningkatkan semangat para santri dalam menimba ilmu.

"Terima kasih kepada Gus-Gus Nusantara. Alhamdulillah bantuan ini sangat dibutuhkan sekali oleh santri dan pesantren. Sehubungan bantuan ini, bangunan-bangunan yang kurang layak bisa diperbaiki," jelas Ali.

Sebelumnya pada Senin (9/1/2023), GGN telah memberikan bantuan perbaikan empat unit tempat mandi cuci kakus (MCK) bagi Ponpes Al-Falah, Tulungagung. Bantuan tersebut diharapkan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan para santri di lingkungan pesantren.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)