Srikandi Ganjar Lestarian Seni Karawitan di Pringsewu Lampung

Sabtu, 07 Januari 2023 - 11:59 WIB
loading...
Srikandi Ganjar Lestarian Seni Karawitan di Pringsewu Lampung
Sukarelawan Srikandi Ganjar Lampung terus berusaha untuk melestarikan kesenian tradisional asli daerah dengan cara menggelar seni musik karawitan di Pringsewu, Lampung. Foto/Ist
A A A
PRINGSEWU - Sukarelawan Srikandi Ganjar Lampung terus berusaha untuk melestarikan kesenian tradisiona l asli daerah. Di antaranya dengan cara menggelar acara musik karawitan dengan melibatkan Sanggar Maruta, Pringsewu, Lampung.

Korwil Srikandi Ganjar Lampung Diana Ali mengatakan, dalam kegiatan musik gamelan itu juga dibagikan bantuan berupa makanan, pernak-pernik, suvenir, dan masker.



“Kami berkolaborasi bersama Sanggar Maruta yang merupakan salah satu sanggar seni karawitan wayang kulit di Kelurahan Pringsewu Barat, Kabupaten Pringsewu, Lampung,” ujarnya, Sabtu (7/1/2023).

Menurut Diana, kegiatan itu selain untuk melestarikan kesenian asli daerah, juga untuk menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo.
Kegiatan itu juga merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap seni karawitan dan tari tradisional Jawa.

Pihaknya pun sengaja menggelar kegiatan tersebut di daerah Pringsewu, sebab daerah itu banyak terdapat pendatang dari daerah Jawa.


“Kegiatan ini dikemas dengan bermain alat musik gamelan sebagai alat musik yang termasuk dalam Karawitan serta berbarengan dengan beberapa perempuan milenial menari tradisonal,” kata dia.

Dia pun berharap kesenian asli Indonesia itu tetap ada dan terus beregenerasi. “Harapannya, generasi muda bisa lebih mengenal terhadap seni itu dan bisa melestarikannya,” pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2224 seconds (0.1#10.140)