Banjir, Angin Kencang hingga Tanah Longsor Warnai Pergantian Malam Tahun Baru di Kendal

Sabtu, 31 Desember 2022 - 21:09 WIB
loading...
Banjir, Angin Kencang hingga Tanah Longsor Warnai Pergantian Malam Tahun Baru di Kendal
Ilustrasi angin kencang. Foto: Istimewa
A A A
KENDAL - Pergantian malam tahun baru 2023 di Kabupaten Kendal, diwarnai musibah banjir, angin kencang dan longsor. Tercatat, sejumlah desa yang tersebar di 9 kecamatan tergenang banjir.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, lokasi banjir di Kendal berada di Kecamatan Kendal, Brangsong, Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, Patebon, Weleri, Pegandon, Cepiring dan Rowosari.

"Kecamatan Kaliwungu terbanyak wilayah desanya yang terdampak banjir, yakni 9 desa," katanya, Sabtu (31/12/2022).



Dijelaskan dia, banjir tak hanya menerjang pemukiman, tetapi juga kantor pemerintahan dan sekolah. Di antaranya Kantor BPBD Kabupaten Kendal, lapas, Puskesmas Patebon Dua, RSUD dr Soewondo, kompleks pendopo Kendal, dan SMK Negeri 4.

"Ketinggian muka air banjir berkisar 30-150 cm. Di sektor perumahan, rumah rusak sedang 1 unit dan rusak ringan 1. Tidak hanya banjir, wilayah Kendal juga mengalami angin kencang," jelasnya.

Angin kencang melanda wilayah Kecamatan Rowosari, Weleri, Gemuh, Patean dan Kendal. Sementara itu, tanah longsor juga melanda satu desa, yaitu di Desa Tirtomulyo, Kecamatan Plantungan.



"Bencana ini juga menyebabkan 230 warga terdampak mengungsi. Data sementara yang dihimpun, di Desa Kebonadem 136 warga, tersebar di masjid Baitul Muttaqin 114 jiwa dan MTS NU Al-Hidayah 12," paparnya.

Sedangkan 50 KK tercatat mengungsi di masjid Jami Baittussyukur, Desa Kumpulrejo. Begitupun di Desa Cepiring, ada sebanyak 55 warga yang mengungsi di musola Baitul Muminim.

"BPBD dan instansi terkait telah mengoperasionalkan beberapa dapur umum. Petugas juga membersihkan beberapa pohon tumbang akibat angin kencang dan pemutakhiran data dampak," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)