Sejarah Kotagede, Kota Lama Tempat Lahirnya Bumi Mataram di Jogjakarta

Rabu, 28 Desember 2022 - 16:16 WIB
loading...
Sejarah Kotagede, Kota Lama Tempat Lahirnya Bumi Mataram di Jogjakarta
Kotagede merupakan sebuah kota lama yang terletak di Jogjakarta bagian selatan. Foto Masjid Gedhe Mataram yang berlokasi di selatan Pasar Kotagede. Foto/kebudayaan.jogjakarta.id
A A A
KOTAGEDE merupakan sebuah kota lama yang terletak di Jogjakarta bagian selatan. Secara administratif Kotagede masuk di Kota Jogjakarta dan Kabupaten Bantul. Kotagede terdiri dari tiga kalurahan yakni Rejowinangun, Prenggan dan Purbayan.

Kotagede pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Islam, tepatnya pada 1532 M.

Sejarah Kotagede, Kota Lama Tempat Lahirnya Bumi Mataram di Jogjakarta

Kompleks makam Raja-raja Mataram di Kotagede, Jogjakarta. Foto/Ist

Hingga saat ini, Kotagede dikenal sebagai daerah budaya dengan banyak peninggalan sejarah yang terlihat dari arsitektur bangunan maupun kehidupan sosial budaya. Sebagai bekas ibukota kerajaan Mataram Islam pada pemerintahan Panembahan Senopati, Kotagede menyisakan peninggalan arkeologis yang jauh lebih bermakna.


Selain itu hingga kini tetap eksis sebagai kota lama yang bertahan dengan dinamikanya. Secara umum dapat dikatakan bahwa Kotagede masa lalu merupakan kota pusat kegiatan-kegiatan politik,ekonomi, dan sosial budaya.

Kotagede pada dasarnya mempunyai kesamaan dengan kota-kota lainnya yang ada di Jawa, yang dibangun berdasarkan pada konsep kosmologis Jawa-Islam.

Konsep ini mengacu pada keselarasan, keserasian, dan kesejajaran antara mikrokosmos yang berupa lingkungan buatan dengan makrokosmos yang berupa alam semesta. Selanjutnya antara manusia dengan kesadaran sebagai makhluk yang lemah dengan kesadaran manusia otonom dan bertanggungjawab, antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat.

Berdasarkan catatan sejarah, Jejak Kotagede dapat ditelurusi dari kisah Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir, pendiri kerajaan Pajang di Jawa Tengah.



Sekitar abad pertengahan 16, Jaka Tingkir memiliki musuh yang bernama Arya Penangsang dari Jipang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)