Tragis! 1 Ekor Gajah Jinak Mati Diserang Kawanan Gajah Liar Aceh

Selasa, 27 Desember 2022 - 21:22 WIB
loading...
Tragis! 1 Ekor Gajah Jinak Mati Diserang Kawanan Gajah Liar Aceh
Seekor gajah jinak di Camp Conservation Respons Unit (CRU) Serbajadi, Aceh Timur ditemukan mati usai diserang kawanan gajah liar. Seekor gajah lainnya terluka. Foto/iNews TV/Taufan Mustafa
A A A
BANDA ACEH - Seekor gajah jinak di Camp Conservation Respons Unit (CRU) Serbajadi, Aceh Timur, Aceh ditemukan mati usai diserang kawanan gajah liar. Gajah jantan bernama Lilik yang berumur 35 tahun itu ditemukan mati dengan luka lebam dan tusukan gading gajah.

Sedangkan seekor gajah jinak lainnya yang juga ikut diserang mengalami luka-luka dan harus mendapatkan perawatan medis.



Proses penguburan gajah jinak di sekitar camp CRU Serbajadi berlangsung secara dramatis. Bangkai gajah itu ditarik menggunakan gajah jinak lainnya sebelum dikubur.

Gajah jinak Lilik dan seekor gajah lainnya diserang oleh kawanan gajah liar pada Minggu 25 Desember 2022. Tim CRU Serbajadi mengetahui penyerangan tersebut pada pukul 03.00 WIB.

Meskipun para mahout atau pawang gajah di CRU Serbajadi telah berupaya menghalau gajah liar tersebut, namun tidak berhasil lantaran gajah liar juga memyerang mereka.

Bangkai gajah jinak Lilik juga sempat dilakukan bedah nekropsi sebelum bangkainya dikubur dari hasil nekropsi ditemukan sejumlah luka lembam di badan dan luka tusukan gading di bagian leher dan telinga.



Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan, serangan puluhan gajah liar di CRU Serbajadi terjadi pada dini hari.

"Meskipun sempat dihalau oleh mahout, namun gajah liar tersebut tetap menyerang. Bahkan tim cru juga sempat di serang kawanan gajah liar," ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Saat ini kawanan gajah liar yang diperkirakan berjumlah 20 hingga 30 ekor tersebut telah berhasil digiring masuk ke dalam hutan

Sedangkan satu ekor gajah jinak lainnya yang juga terluka akibat serangan kawanan gajah liar dalam pengawasan tim dokter hewan dari BKSDA Aceh.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)