Sebagian Wilayah di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Haru Ini, BMKG Imbau Warga Waspada

Sabtu, 24 Desember 2022 - 12:53 WIB
loading...
Sebagian Wilayah di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Haru Ini, BMKG Imbau Warga Waspada
Sebagian wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat haru ini, BMKG imbau warga waspada. Foto ilustrasi
A A A
JAKARTA - Hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi menerjang beberapa wilayah Indonesia, Sabtu (24/12/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengimbau masyarakat tetap waspada.



BMKG memprediksi provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta. Baca juga: Daspada! BMKG Prediksi Tangerang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Periode Nataru

Kemudian Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan.

BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. “Dari pantauan yang dilakukan BMKG, kami mendeteksi perkembangan kondisi cuaca yang berpotensi ekstrem,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Dwikorita menyebutkan ada empat fenomena yang dapat memicu peningkatan curah hujan hingga deras bahkan dikhawatirkan mencapai titik ekstrim di beberapa wilayah Indonesia.

“Jadi biasanya satu per satu, tapi ada empat fenomena yang terjadi secara bersamaan yang mengakibatkan kondisi dinamika atmosfer ini memicu peningkatan curah hujan hingga dikhawatirkan bisa mencapai titik ekstrim,” ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3408 seconds (0.1#10.140)