Gempa Bumi Tektonik M 4.6 Guncang Toli-Toli, Tak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 11 Juli 2020 - 16:15 WIB
loading...
Gempa Bumi Tektonik M 4.6 Guncang Toli-Toli, Tak Berpotensi Tsunami
Gempa tektonik melanda Toli-Toli, namun tidak berpotensi tsunami.
A A A
TOLI-TOLI - Wilayah Toli-toli diguncang gempa bumi tektonik Sabtu (11-7-2020) pukul 15:17:01 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M 4.6 terjadi pada koordinat episenter pada 0.17 LU dan 120.80 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 39 km arah Barat Daya Lambunu (Kab. Parigi Moutong) pada kedalaman hiposenter 102 km.

Kepala Stasiun Geofisika Manado Abraham F. Mustamu menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman menengah akibat adanya proses deformasi batuan akibat subduksi lempeng laut Sulawesi.

Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Toli-toli dengan intensitas I-II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang gantung bergoyang).

(Baca juga: Nelayan Hilang di Perairan Selat Bunaken Ditemukan Tewas )

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,”ujarnya.

Ditegaskan, hingga Sabtu, 11 Juli 2020 pukul 16:11 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

(Baca juga: Pondok Gontor Siapkan Bangunan untuk Penanganan COVID-19 )

“Kepada masyarakat di wilayah Toli-toli dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4159 seconds (0.1#10.140)