BIN: Waspadai Aksi Teror saat Natal dan Tahun Baru di Jateng

Selasa, 20 Desember 2022 - 18:27 WIB
loading...
BIN: Waspadai Aksi Teror saat Natal dan Tahun Baru di Jateng
Rapat Forkopimda Jateng menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Rabu (20/12/2022). Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jateng menyebut terorisme masih jadi potensi ancaman, gangguan dan hambatan. Terutama pada peringatan Natal 2022 dan perayaan malam pergantian tahun baru 2023 (Nataru).

Kepala BIN Daerah Jateng Brigjen TNI Andi Sulaiman menyebut salah satu potensinya melihat pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar Bandung diketahui sempat tinggal dan memiliki keluarga di Sukoharjo sebelum beraksi.



Martir aksi pada Rabu 7 Desember 2022 bernama Agus Sujatno, seorang mantan narapidana terorisme asal Bandung, Jawa Barat yang tinggal di Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Ini mengindikasikan aktifnya pergerakan jaringan teror di wilayah Solo Raya, rata-rata (mereka) mantan napiter,” kata Kabinda saat kegiatan Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Gubernuran, Kota Semarang, Rabu (20/12/2022).

Data BIN, hingga 18 Desember 2022 di wilayah Jawa Tengah terdapat 248 mantan narapidana terorisme (napiter), terdiri 244 laki-laki dan 4 perempuan. Dari data tersebut, 79 mantan napiter di antaranya masih memiliki pemahaman radikal yang tinggi.

Selain itu, di Jateng juga masih terdapat 49 orang deportan dan 6 foreign terrorist fighters (FTF).



Kabinda Jateng melanjutkan, menjelang Nataru mantan napiter di Jateng pada umumnya telah memiliki agenda internal baik dalam bentuk konsolidasi maupun kajian rutin. Pada kaitan itu, pengawasan dan pengamanan terhadap seluruh objek vital maupun tempat ibadah perlu ditingkatkan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Selain kelompok teroris, Kabinda Jateng menyebut aksi kelompok intoleran juga perlu diwaspadai bisa mengganggu kenyamanan peringatan dan perayaan Nataru ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5808 seconds (0.1#10.140)