Salat Pertama di Hagia Sophia akan Berlangsung 24 Juli Mendatang

Sabtu, 11 Juli 2020 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Dalam putusannya Dewan Negara—pengadilan administratif utama Turki— mengatakan; "Disimpulkan bahwa akta penyelesaian menetapkannya sebagai masjid dan penggunaannya di luar karakter ini tidak dimungkinkan secara hukum."

"Keputusan kabinet tahun 1934 yang...mendefinisikannya sebagai museum tidak mematuhi hukum," lanjut putusan tersebut, merujuk pada dekrit yang ditandatangani oleh Ataturk. Baca Juga : Militer Turki Disebut Cari Tahu Kelemahan Sistem Rudal S-400 Rusia

Erdogan, yang mencitrakan diri sebagai seorang Muslim yang saleh, mendukung kampanye pengubahan status Hagia Sophia sebagai masjid sebelum pemilu lokal tahun lalu yang merupakan pukulan menyakitkan bagi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berakar pada Islam dan merupakan partai berkuasa saat ini. Para anggota AKP berdiri dan bertepuk tangan di parlemen pada hari Jumat ketika putusan pengadilan dibacakan.

Di Istanbul, ratusan orang berkumpul di dekat Hagia Sophia untuk merayakan putusan itu. "Mereka yang membangun ini melakukannya untuk menyembah Tuhan juga," kata Osman Sarihan, seorang guru. “Terima kasih Tuhan hari ini kembali ke tujuan utamanya. Hari ini Tuhan akan disembah di masjid ini."
(sri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2606 seconds (0.1#10.140)