Banjir Landa 6 Desa Ribuan Jiwa Mengungsi

Sabtu, 11 Juli 2020 - 07:59 WIB
loading...
Banjir Landa 6 Desa Ribuan Jiwa Mengungsi
Banjir yang melanda Konawe Utara, Sulawesi Tenggara membuat ribuan jiwa dari 18 desa terpaksa harus mengungsi. FOTO : iNews.tv/Febriyono Tamenk
A A A
KONAWE UTARA - Banjir yang terus terjadi di Kabupaten Konawe Utara , Sulawesi Tenggara membuat ribuan jiwa dari 18 desa terpaksa harus mengungsi.Tercatat ada 2.615 jiwa yang sudah berada di pengungsian dari total 3.741 warga yang terdampak banjir.

Ribuan warga ini mengungsi di tempat hunian sementara atau huntara yang berlokasi di Desa Puwanggudu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara Sabtu (11/7/2020).

Berdasarkan data BPBD setempat ada 2615 jiwa yang terpaksa diungsikan karena rumah mereka masih digenangi banjir dengan ketinggian 70 hingga satu meter. Sementara untuk jumlah warga yang terdampak banjir tercatat ada 1267 kepala keluarga yang terdiri dari 3741 jiwa dari 18 desa.

“Kami khawatir dan merasa tidak nyaman untuk kembali ke rumah karena kondisi cuaca yang tak menentu, apalagi dalam bulan ini pemukiman kami sudah tiga kali dilanda banjir,” terang Ahadi salah satu pengungsi asal Desa Puwanggudu.

Sementara itu menurut pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah tercatat ada lima desa terparah yang semua warganya telah diungsikan. “Lima desa itu berada di dua kecamatan yakni Kecamatan Andowia dan Kecamatan Asera,” terang Kabid Kedaruratan BPBD Konawe Utara, Jasmidi.

Saat ini warga hanya bisa berharap kepada pemerintah setempat untuk mencarikan solusi agar pemukiman mereka bisa terbebas dari bencana banjir. Hingga berita ini diturunkan wilayah Konawe Utara masih terus dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.(Baca juga : Warga Konawe Selatan Minta Sprindik Bupati Surunuddin Diterbitkan )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)